Tim PKKM Tekankan Madrasah Prioritaskan Guru Non ASN

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Kementerian Agam (Kemenag) Kabupaten Bulukumba melakukan Penilian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) di sejumlah mandrasah. Salah satunya di MTsN 4 Bulukumba.

Anggota Tim PKKM, Suwardi, mengatakan PKKM bertujuan mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasi data mengenai kualitas kinerja kepala madrasah. Kegiatan ini sebagai bagian dari pengawasan binaan untuk mengembangkan kompetensi lembaga pendidikan madrasah.

"Kinerja kepala madrasah dinilai berdasarkan lima komponen, yaitu usaha pengembangan madrasah, pelaksanaan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan, supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan, dan hasil kinerja kepala madrasah," terangnya.

Menurut Suwardi, penilaian ini bukan kegiatan insidentil,melainkan review perjalanan kinerja kepala madrasah selama tahun 2023. Hal  ini sesuai dengan Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor: 58 Tahun 2017, PMA 24 Tahun 2018, dan SK Dirjen pendis No.1111 Tahun 2019.

"Kami menekankan perlunya memberikan skala prioritas bagi tenaga pendidik, terutama yang bukan ASN, untuk mendorong pengembangan madrasah yang membutuhkan kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas dari semua pihak," imbuhnya.

Kepala MTsN 4 Bulukumba, Samsu Alam menyampaikan terima kasih kepada tim PKKM. Ia juga meminta maaf atas penundaan penilaian sebelumnya.

"Sebelumnya adanya PKKM ini persiapan dan dokumen telah disiapkan dengan maksimal. Alhamdulillah kami diberikan apresiasi," tutupnya. (**)

Penulis: SUMARNI Editor: SUPARMAN
  • Bagikan