MTsN 5 Bulukumba Gelar Raker di Luar Madrasah

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- MTsN 5 Bulukumba menggelar rapat kerja (raker) program tahun 2024. Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari itu dilaksanakan di Pantai Panrang Luhu, Kecamatan Bontobahari, Bulukumba, akhir pekan kemarin.

Raker tahunan tersebut dihadiri oleh Kepala Kantor Kemenag Bulukumba, H Misbah, Kasi Penmad, kepala madrasah dan seluruh tenaga pendidik dan kependidikan MTsN 5 Bulukumba.

Kepala MTsN 5 Bulukumba, Nurmiah menjelaskan, raker tersebut bertujuan untuk mewujudkan program kerja madrasah berbasis digital. Selain itu sebagai upaya menghasilkan sumber daya manusia yang unggul, kompetitif, menuju madrasah hebat bermartabat.

"Kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Bapak Kakankemenag dan Kasi Pendma karena telah meluangkan waktunya menghadiri dan membuka raker ini," terangnya.

Menurtu Nurmiah, raker tahun ini dilakukan di luar madrasah sebagai upaya untuk menciptakan suasana yang lebih segar dan berbeda.

"Kami ingin menciptakan suasana yang lebih santai dan menyenangkan agar suasana kerjasama dan kebersamaan semakin kuat di antara seluruh staf dan tenaga pendidik MTsN 5 Bulukumba," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Bulukumba, H Misbah mengatakan, raker program sangat penting untuk mengawali tahun 2024. Menurutnya, saat ini madrasah harus punya brand/unggulan yang ditargetkan menjadi juara Kompetisi Sains Madrasah (KSM) untuk menguatkan citra madrasah unggulan/ kebanggaan masyarakat.

Ia juga mengingatkan modernisasi beragama adalah cara pengenalan beragama yang tidak berlebih-lebih. Ibadah ada standarnya menurut tuntunan, menghilangkan  ekstrim radikal dan liberal.

"Ciri moderasi beragama ada lima, yaitu terbuka, mengedepankan nalar dan logika, menyadari kekurangan diri, tawaduk, dan berorientasi pada kemaslahatan," jelasnya.

Selain itu, Misbah juga berharap agar siswa madrasah terlibat langsung pada kegiatan-kegiatan sosial khsusunya di bulan suci Ramadan mendatang. Seperti ceramah agama, khatib, mc. bahkan muadzin hingga imam di masjid-masjid.

"Ramadan ini adalah momen untuk tampil di masyarakat. Untuk itu saya berharap agar siswa MTsN 5 Bulukumba dilatih dan dibina agar bisa tampil memberikan ceramah di masjid-masjid supaya masyarakat melihat bahwa madrasah memang beda," tutupnya. (***)

Penulis: SUMARNI Editor: SUPARMAN
  • Bagikan