Warga Diimbau Gencarkan Aksi Bersih-Bersih

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Bulukumba memberikan imbauan kepada masyarakat agar aktif terlibat dalam menjaga kebersihan lingkungan di sekitar tempat tinggal mereka.

Kepala DLHK Bulukumba, Andi Uke Indah Permatasari, menekankan pentingnya memulai budaya hidup sehat dengan merawat lingkungan.

"Kesehatan kita erat kaitannya dengan kebersihan lingkungan. Oleh karena itu, kami mengajak masyarakat Bulukumba untuk melakukan aksi bersih-bersih secara rutin di wilayah tempat tinggal masing-masing," imbau Andi Uke, Senin, 29 Januari 2024.

Andi Uke mengungkapkan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat lingkungan, meliputi rajin bersih-bersih, tidak membuang sampah sembarangan, dan mengelola sampah dengan baik tanpa membakarnya.

"Ini langkah-langkah sederhana namun sangat berdampak positif untuk lingkungan kita. Dengan bersama-sama menjaga kebersihan, kita dapat menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman untuk ditinggali," tambahnya.

Imbauan DLHK Bulukumba ini diharapkan dapat membangkitkan kesadaran warga akan pentingnya peran aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Dengan demikian, aksi bersih-bersih tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga menjadi komitmen bersama untuk menciptakan lingkungan yang hijau dan bersahabat di Kabupaten Bulukumba.

Selain menjadi upaya pemerintah dalam menjaga lingkungan di Kabupaten Bulukumba, imbauan itu juga sebagai salah satu upaya dalam mengajak masyarakat berpartisipasi dalam menyukseskan target Kabupaten Bulukumba untuk memperoleh Piala Adipura 2023.

Sebelumnya, Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif merawat lingkungan sekitar sebagai bentuk budaya hidup sehat dan sebagai upaya persiapan penilaian Adipura 2023.

Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) tengah mempersiapkan penilaian Adipura Tahun 2023, yang baru akan digelar pada Februari 2024 ini.

Kegiatan gotong-royong warga untuk kebersihan juga terus digalakkan di seluruh kelurahan di kota Bulukumba. Begitu pula peran organisasi seperti TP PKK dan Dekranasda melakukan Gerakan Jumat Bersih setiap pekannya. Untuk itu, Andi Muchtar Ali Yusuf meminta jajarannya untuk terus mengedukasi dan memberikan penyadaran kepada masyarakat akan pentingnya kebersihan. "Meski Bulukumba akan dinilai, tapi kita harus tanamkan bahwa kebersihan adalah bagian dari diri kita dan tanggungjawab kita bagaimana mengedukasi dan memotivasi masyarakat untuk tidak lagi memiliki kebiasaan buang sampah sembarang dan mencemari lingkungan," ungkapnya Andi Utta saat memimpin Apel Gabungan OPD di halaman Kantor Bupati Bulukumba, Senin, 22 Januari 2024. Lebih lanjut dikatakan jika kesadaran warga akan kebersihan terbangun, maka tidak perlu lagi menunggu waktu dan bekerja keras mempersiapkan diri untuk penilaian Adipura. (ewa/has/B)

Penulis: BASO MAREWA Editor: HASWANDI ASHARI
  • Bagikan