Orientasi Pegawai Baru dan Mahasiswa Praktek Klinik RSUD Bulukumba

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Puluhan karyawan baru dan mahasiswa program studi bidang kesehatan praktek klinik RSUD HA Sulthan Daeng Radja Bulukumba mengikuti orientasi umum, Senin, 29 Januari 2024. Kegiatan yang diikuti 74 pesert itu berlangsung di Aula Gedung IGD Lantai 3.

Kegiatan ini dihadiri Wakil Direktur Pelayanan Non Medik, Pengembangan SDM, Penelitian dan Pengembangan RSUD Bulukumba, Dr. Asnarti Said Culla, SH.MH., Pejabat Pengelolaan BLUD, dan Ketua STIKES Panrita Husada Bulukumba. Dalam arahannya, Asnarti mengatakan orientasi karyawan baru merupakan kegiatan pengenalan lingkungan umum rumah sakit, visi, misi, motto, budaya kerja, tujuan, kebijakan rumah sakit, susunan organisasi, hak, kewajiban dan prosedur kerja di rumah sakit.

"Kegiatan orientasi merupakan upaya agar setiap karyawan baru mengetahui hal-hal yang mendasar tentang rumah sakit, termasuk kewenangan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi," terangnya.

Asnarti menyampaikan setiap pegawai baru dan penerimaan mahasiswa praktek klinik wajib mengikuti orientasi umum. Hal ini dimaksudkan guna memberikan pembekalan tentang lingkungan dan ruang lingkup kerja, peran dan sikap kerja, sosial budaya, serta hak dan kewajiban yang harus ditaati sebelum melakukan pelayanan.

"Diharapkan melalui kegiatan orientasi ini, pegawai baru dan mahasiswa praktek klinik akan lebih siap dan mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja serta dapat bekerja secara profesional," jelasnya.

Diketahui, saat ini RSUD Bulukumba memiliki 64 pegawai baru dan 10 mahasiswa praktik klinik. Masing-masing terdiri dari 7 mahasiswa Analis Kesehatan STIKes Panrita Husada Bulukumba, 2 mahsiswa kebidanan Politeknik Kesehatan Kemenkes RI Makassar, dan 1 mahasiswa jurusan Apoteker Mega Reski Makassar.

Pada orientasi ini, peserta diberikan berbagai materi seputar standar pelayanan serta tugas dan fungsi tenaga kesehatan di RSUD Bulukumba. Di antaranya orientasi umum Perumah Sakitan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Profil RSUD Bulukumba, dan Program Pencegahan, Pengendalian Infeksi (PPI), dan Program Sasaran Keselamatan Pasien .

Di akhir kegiatan peserta diberikan posttest guna mengetahui pengetahuan peserta atas materi yang telah diberikan. (**)

Penulis: SUMARNI Editor: SUPARMAN
  • Bagikan