Festival Pinisi Masuk 110 Event Terbaik 2024

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Salah satu kado istimewa untuk Hari Jadi Kabupaten Bulukumba ke-64 ini yakni masuknya kembali Festival Pinisi ke dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024.

Festival Pinisi menjadi salah satu di antara 110 event terbaik yang terpilih ke dalam KEN 2024. Untuk di Sulawesi Selatan sendiri hanya ada tiga event yang terpilih termasuk Festival Pinisi.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Bulukumba, Ferryawan Z. Fahmi menjelaskan bahwa Festival Pinisi berhasil melewati seleksi ketat di tingkat nasional. Dari 252 event yang diusulkan dari 38 provinsi, Festival Pinisi mampu menembus seleksi hingga tahap wawancara.

"Alhamdulillah, Festival Pinisi berhasil masuk dalam 110 event terbaik di Indonesia, melalui KEN 2024. Ini menjadi pencapaian luar biasa untuk Kabupaten Bulukumba," ujar Ferry.

Mekanisme seleksi KEN 2024 melibatkan delapan kurator independen yang sangat berkompeten di bidangnya. Kelima bidang utama penilaian mencakup ide dan inovasi, pemasaran dan strategi komunikasi, manajemen kegiatan, manajemen keuangan, serta analisis dampak.

Ferryawan menegaskan bahwa keberhasilan Festival Pinisi dalam KEN 2024 menjadi kebanggaan tak hanya bagi pemerintah setempat, tetapi juga seluruh masyarakat Bulukumba.

Menariknya, pada tahun sebelumnya, Festival Pinisi belum berhasil masuk dalam KEN, sehingga pelaksanaan Festival Pinisi 2023 menjadi perhatian serius.

"Pelaksanaan Festival Pinisi tahun 2023 kami kawal dengan baik, mulai dari dukungan anggaran hingga pelaksanaan event. Dukungan pimpinan yang sangat mendukung juga menjadi faktor utama agar Festival Pinisi kembali menjadi bagian dari 110 KEN Kemenpar RI tahun 2024 ini," ungkapnya.

Untuk menyukseskan pelaksanaan Festival Pinisi tahun 2024 ini Pemerintah Kabupaten Bulukumba menyiapkan anggaran kurang lebih 300 juta rupiah.

Festival Pinisi, selain menjadi magnet wisata budaya, juga diharapkan dapat menjadi pendorong ekonomi dan pariwisata lokal. Prestasi masuk dalam KEN 2024 semakin menegaskan bahwa kekayaan budaya Bulukumba menjadi daya tarik yang patut diperhitungkan dalam peta pariwisata nasional. (*)

Penulis: BASO MAREWA Editor: HASWANDI ASHARI
  • Bagikan