Siswa Kelas XII SMAN 8 Bulukumba Ikuti Bimbingan Skolastik

  • Bagikan

BUKUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Kepala Seksi SMA Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel, Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V Bantaeng, Bulukumba dan Sinjai, H. Arafah membuka secara resmi bimbingan skolastik atau pendampingan super intensif dalam rangka peningkatan kapasitas siswa tes potensi skolastik bagi siswa SMA di Sulawesi Selatan di SMAN 8 Bulukumba, berlangsung mulai Kamis 22 Februari 2024.

Dibalik adanya peristiwa aksi demontrasi yang dilakukan peserta didik beberapa hari yang lalu, H. Arafah dalam sambutannya, dihadapan para peserta didik beliau menyampaikan bahwa hal tersebut adalah human error yang diluar dari unsur kesengajaan. Ia berharap kehilapan ini dijadikan sebagai pelajaran untuk berbuat lebih baik yang akan datang.

"Kami juga sampaikan kepada anak-anakku sekalian harapan masa depan tidak hanya sampai disitu, masih banyak peluang-peluang emas lainnya," ujarnya.

Ia juga menjelaskan program ini sebenarnya sebagai bentuk tanggung jawab bersama karena pada prinsipnya pihaknya sangat meyakini bahwa tidak ada kepala sekolah yang tidak ingin mengembangkan sekolahnya pasti semua kepala sekolah ingin mengembangkan semua potensi anak didiknya.

"Upaya-upaya ini juga sebagai bentuk tanggung jawab bersama dalam hal meningkatkan capaian-capaian yang selama ini telah dicapai. Kami berharap kepada seluruh peserta didik mari berkompetisi dalam hal-hal yang positif melakukan tindakan-tindakan yang positif yang bisa memberikan kontribusi terhadap masa depan terhindar dari hal-hal yang tidak bermanfaat," tuturnya.

Ia juga kembali menjelaskan tujuan dari kegiatan untuk membekali peserta didik dalam mempersiapkan diri mengerjakan soal-soal skolastik pada seleksi masuk perguruan tinggi negeri dan dipandu langsung oleh tim skolastik sehingga peserta didik bisa melakukan interaksi langsung.

"Kegiatan seperti ini sudah lama dilakukan apakah melalui kegiatan smart school atau juga yang dilakukan oleh para guru pendamping di sekolah. Tapi ini ada tim khusus yang melakukan kegiatan pendampingan tujuannya secara umum diharapkan Sulawesi Selatan kembali bisa meningkatkan prestasi dalam pencapaian jumlah peserta didik yang bisa masuk perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta," harapnya.

Terpisah, Wakasek SMAN 8 Bulukumba, H. Jamaluddin mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan yang rutin digelar setiap tahunnya. Namun yang berbeda tahun ini pihaknya menghadirkan pemateri dari Dinas Provinsi dan jumlah peserta didik yang diikutkan jauh lebih banyak.

"Pihak sekolah akan terus berupaya memberikan yang terbaik bagi seluruh peserta didik karena banyak harapan yang menjanjikan. Semoga tahun ini lebih banyak lagi siswa SMAN 8 Bulukumba yang bisa masuk di Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta melalui jalur prestasi," harapnya. (sum/has/B)

Penulis: SUMARNIEditor: HASWANDI ASHARI
  • Bagikan