Kolaborasi Dengan Baznas, Komunitas Sosial SSB Salurkan Sembako Bagi Dhuafa

  • Bagikan
Penyaluran sembako untuk dhuafa di Kecamatan Bontotiro.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Komunitas sosial Sahabat Surga Berbagi (SSB) bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bulukumba Bekerjasama menyalurkan 10 Paket Sembako untuk kaum dhuafa di Kecamatan Bontotiro.

Program ini disalurkan sekali sebulan dengan penerima manfaat yang berbeda, sebagai upaya Baznas Bulukumba untuk membantu meringankan beban dan memberikan keceriaan kepada keluarga yang termasuk kategori kurang mampu.

"Ini sifatnya kerjasama sumber barang yang kami salurkan itu dari Baznas. Prosesnya adalah kami dari komunitas sosial survey calon penerima dulu, kalau termasuk keluarga kurang mampu maka kami catat dan foto KTPnya, setelah itu kami bersurat dulu ke Baznas melampirkan nama, NIK dan alamat calon penerima bantuan,” kata Pengurus Harian Komunitas SSB, Jusran.

Menurutnya, data calon penerima bantuan diverifikasi terlebih dahulu oleh relawan dari SSB sebelum diserahkan ke Baznas. Hal tersebut dilakukan sebagai bagian dari proses untuk memastikan bantuan tepat sasaran.

“Kami verifikasi dulu, biasanya kami bersurat itu di awal bulan dan nanti Baznas pasti cek juga kesesuaian data yang kami masukkan, biasanya akhir bulan barulah kami jemput itu paket dan lansung disalurkan,” katanya.

Paket sembako dhuafa tersebut berisi beras, telur, minyak goreng, gula pasir, susu dan kebutuhan lainnya, sudah empat kali penyaluran di desa yang berbeda di Kecamatan Bontotiro, mulai Bulan November 2023 sampai dengan Bulan Februari 2024.

“Pasti kita harap agar program ini terus berlanjut. Mulai kami salurkan itu Bulan November tahun lalu sampai bulan ini, itu 10 penerima setiap bulan dan biasanya kami data itu di 3 desa yang berbeda, semoga semakin banyak yang mau jadi relawan sehingga lebih banyak lagi warga kurang mampu yang terfasilitasi,” tutupnya. (ria/has/B)

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan