Rekapitulasi Pemilu Tingkat Kabupaten Rampung, Penguman Hasil Dijadwalkan Pertengahan Ramadan

  • Bagikan
Rekapitulasi tong kabupaten di aula KPU Bulukumba, Sabtu, 2 Maret 2024.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Rekapitulasi suara Pemilu 2024 tingkat kabupaten di Kabupaten Bulukumba telah rampung, Minggu, 3 Maret 2023. Selanjutnya hasil rekapitulasi diumumkan secara nasional dijadwalkan paling lambat 21 Maret 2024.

Divisi Data dan Perencanaan Komisioner KPU Bulukumba, Rakhmat Fajar mengungkapkan bahwa rekapitulasi tingkat kabupaten di Kabupaten Bulukumba telah rampung 10 Kecamatan, meski masih akan digelar pleno finalisasi.

Terkait proses rekapitulasi, menurut Fajar sejauh ini berjalan dengan normal dan tidak ada kendala berarti.

"Pada dasarnya berjalan normal, umumnya pencatatan D hasil yang dimiliki saksi dan Bawaslu sama dengan kami," ungkap Fajar.

"Pun v33kalau ada kekeliruan dalam pencatatan itu dikoreksi bersama dan perbaikan dilakukan di D hasil serta sirekap sesuai ketentuan," tambahnya.

Terkait proses selanjutnya, hasil rekapitulasi dbti tingkat kabupaten akan diserahkan ke tingkat provinsi dan seterusnya.

"Setelah finalisasi di tingkat kecamatan, selanjutnya rekapitulasi berjenjang mulai tingkat provinsi dan seterusnya," kata Fajar.

Sementara itu berdasarkan Peraturan KPU Nomor 5 tahun 2024,  hasil perolehan suara akan diumumkan pada 21 Maret 2024.

Diketahui, meski belum diumumkan secara resmi, tiga partai yang hampir dipastikan menduduki kursi pimpinan di DPRD Bulukumba berdasarkan perolehan kursi dan suara antara lain PKS, PKB, dan Gerindra.

PKS diproyeksi menempati posisi Ketua DPRD Bulukumba. pada Pileg Kabupaten Bulukumba 2024 ini PKS dapat dipastikan meraih 7 Kursi, di antaranya dua Kursi dapil 1, satu di dapil 2, dua di dapil 3, dan masing-masing di dapil 4 dan 5.

Selain memperoleh kursi terbanyak, berdasarkan rekapitulasi yang dilakukan secara mandiri oleh RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID, PKS juga merupakan partai dengan perolehan suara tertinggi dengan total 36.403 suara.

Di posisi wakil Ketua I, hampir dipastikan milik PKB yang mendapatkan 6 Kursi pada Pileg Kabupaten Bulukumba 2024 ini. Partai yang dipimpin oleh Cawapres 01 itu mengumpulkan sebanyak 34.105 suara dari semua dapil di Kabupaten Bulukumba.

Di posisi wakil ketua II, diperebutkan oleh Gerindra dengan Golkar yang masing-masing memiliki 5 kursi. Namun jika mengacu pada perolehan suara Gerindra lebih unggul dengan total 30.797, dibandingkan Golkar yang memperoleh 28.003 suara. ****

  • Bagikan