Guru PAI SD Ujung Bulu Sosialisasi Juknis TPG dan Bimbingan Best Practice

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Kelompok Kerja Guru (KKG) Pendidikan Agama Islam (PAI) SD Kecamatan Ujung Bulu Sosialisasi Juknis TPG (Tunjangan Profesi Guru) dirangkaikan dengan Bimbingan Best Practice, berlangsung di Gedung SLBN 1 Bulukumba, Rabu, 6 Maret 2024.

Ketua KKG PAI SD Ujung Bulu, Bulukumba, Ardiansyah Rasyid mengatakan sosialisasi ini bertujuan memberikan pemahaman yang komprehensif kepada para guru PAI tentang juknis penyaluran tunjangan profesi guru agar penyalurannya dapat berjalan dengan lancar dan tepat sasaran, dengan menghadirkan Pemateri dari Kementerian Agama (Kemenag) Bulukumba yakni Kasi PAIS Abd Rivai.S.Ag.

"Seperti diketahui Juknis TPG adalah terkait dengan persyaratan penerima tunjangan profesi guru, mekanisme verifikasi dan validasi data, serta tata cara pencairan tunjangan diharapkan dapat dipahami oleh guru-guru PAI," ungkapnya.

Sementara itu, Ia juga menjelaskan tujuan diadakannya bimbingan best practice adalah untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan dalam pembelajaran, serta mendorong program peningkatan kualitas layanan pendidikan.

"Dalam kegiatan ini para guru PAI diajarkan langkah penyusunan makalah mulai dari gagasan makalah hingga komponen-komponen dari makalah tersebut.

Bahkan peserta pelatihan, lanjutnya, juga diberikan contoh-contoh dan praktik langsung dalam pembuatan ide makalah di bidang konseling," ujarnya.

Ia menambahkan makalah Best Practice merupakan karya tulis dari guru maupun pendidik yang berisi pengalaman terbaik dalam proses pembelajaran, hingga metode mengatasi masalah yang dijumpai di sekolah. Di Bimbingan tersebut hadir sebagai pameteri yakni Pengawas PAI SD Ujung Bulu Musbahaeri.

"Tujuan dalam menyusun best practice adalah untuk menyelesaikan masalah pendidikan, membangun kepekaan dan kemampuan berpikir kritis, menciptakan inovasi dan mutu layanan 8 standar pendidikan, membangun kemampuan PTK dalam menyusun penyelesaian masalah dengan sistematis dan logis," tutupnya. (sum/has/B)

  • Bagikan