For-DAS dan Pokja API Bulukumba Gelar Diseminasi, Hadirkan Langsung Pihak KLHK

  • Bagikan
Sesi diskusi Diseminasi Rencana Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Rencana Aksi Daerah Adaptasi Perubahan Iklim di Hotel Four Point, Makassar, Kamis, 14 Maret 2024.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Forum Daerah Aliran Sungai (For-DAS) dan Kelompok Kerja Adaptasi Perubahan Iklim (Pokja API) Bulukumba menggelar kegiatan diseminasi di Ballroom Hotel Four Point, Makassar, Kamis, 14 Maret 2024.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Konsorsium Payo Payo - OASE tersebut menghadirkan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dan sejumlah perwakilan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) se Sulawesi Selatan (Sulsel),

Hadir dalam kegiatan tersebut Plh Sekretaris Pemrov Sulsel, Wakil Bupati Bulukumba, perwakilan Dirjend PDAS LH, dan tamu-tamu penting lainnya.

Kegiatan tersebut dalam rangka memaparkan rencana pengelolaan DAS dan rencana aksi adaptasi perubahan iklim di Kabupaten Bulukumba yang telah didokumenkan.

Plh. Sekretaris Pemprov, Muhammad Arsyad yang membuka kegiatan tersebut menyampaikan apresiasi atas terbentuknya dokumen pengelolaan DAS dan RAD API.

"Kita dari Pemprov sangat mengapresiasi program ini, ini sangat luar biasa karena ini baru pertama kalinya di Sulsel. Ini mesti dijadikan contoh," puji Arsyad dalam sambutannya.

Arsyad menyampaikan bahwa dampak perubahan iklim sudah nampak terjadi termasuk di Sulsel. Salah satu bentuknya adalah peristiwa kekeringan yang sempat melanda Sulsel yang berdampak pada penurunan produksi pertanian.

Olehnya Arsyad berharap arah pembangunan di Sulsel harus memperhatikan isu lingkungan serta adaptasi terhadap perubahan iklim.

Setelah seremonial pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi yang dipandu oleh salah satu Tim For-DAS dan Pokja API, Syamsul Bahri.

Terdapat empat pemateri dalam sesi diskusi yaitu, Andank Suriana Soma selaku akademisi, Temi Utami dari Dirjen PEPDAS LH, Andi Asnarti selaku Sekretaris For-DAS, dan Andi Syamsul Mulhayat selaku Ketua Pokja API.****

  • Bagikan