Alokasikan Dana Desa, Pemdes Balangpesoang Rintis Jalan Tani

  • Bagikan
Perintisan jalan tani di Desa Balangpesoang, Kecamatan Bulukumpa.

BULUKUMPA,RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Desa Balangpesoang, Kecamatan Bulukumpa, merintis jalan tani. Program tersebut merupakan program prioritas di tahun ini.

Kepala Dusun Buhung Tellang, sekaligus TPK Desa Balangpesoang, Ilham mengatakan perintisan jalan tersebut dianggarkan melalui anggaran dana desa. Perintisan jalannya berlokasi di Dusun Talleang Lumu.

"Pembangunannya telah selesai kami laksanakan, adapun anggaran yang digunakan adalah anggaran dana desa tahap pertama di tahun 2024 sebesar Rp 56.600.000," katanya, Minggu, 31 Maret 2024.

Menurutnya, pada proses perintisan jalan tersebut, dikerjasamakan dengan warga. Khususnya para pemilik lahan, karena lokasi yang dijadikan jalan tani merupakan hibah dari warga.

"Jadi dianggarkan adalah biaya pembangunannya, lokasinya merupakan hibah dari warga. Perlu kami sampaikan bahwa ruas jalan yang dirintis sepanjang 1.200 meter," jelasnya.

Ilham menambahkan, perintisan jalan tersebut, akan memudahkan warga khususnya petani untuk mengangkut hasil pertanian atau perkebunannya. Karena akses kendaraan sudah tersedia.

"Dengan adanya perintisan jalan ini, juga akan membuka peluang munculnya kawasan pemukiman yang baru. Karena bisa saja di sekitar jalan yang dirintis, ke depannya akan ada warga yang membangun rumah," tutupnya. (ria/has/B)

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan