Desa Batulohe Target Jadi Desa Mandiri

  • Bagikan
Petugas penginputan data IDM Desa Batulohe, Kecamatan Bulukumpa.

BULUKUMPA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Desa Batulohe, Kecamatan Bulukumpa, tahun ini menargetkan desanya sebagai desa dengan status IDM (Indeks Desa Membangun) mandiri.

Sekretaris Desa Batulohe, Aril mengatakan,

IDM merupakan indeks komposit yang dibentuk dari Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi, dan Indeks Ketahanan Ekologi Desa. 

"Status kemajuan dan kemandirian desa berdasarkan IDM diklasifikasikan menjadi lima yang meliputi mandiri, maju, berkembang, tertinggal, dan sangat tertinggal," katanya, Rabu 17 April 2024.

Desa Batulohe sendiri pada tahun 2023 termasuk desa maju sesuai dengan IDM, sehingga untuk tahun 2024  ditargetkan untuk menjadi desa mandiri, 

"Makanya seluruh stakeholder baik dari bidan desa, KPM, dan perangkat desa bekerjasama dalam melengkapi data yang akan di input di IDM," jelasnya.

IDM merupakan potret dari tingkat keberhasilan desa, agar dapat diketahui pembangunan desa tersebut berhasil atau tidak.

"Pengukuran IDM tersebut berdasarkan tiga indeks yaitu indeks ketahanan sosial, ketahanan ekonomi dan Indeks ketahanan ekologi atau lingkungan," tutupnya. (ria/has/B)

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan