Sekolah di Bulukumba Tanam Pohon *Peringati Hari Bumi Nasional

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Hari Bumi Nasional diperingati Satuan Pendidikan di Kabupaten Bulukumba dengan menanam berbagai jenis pohon di Lingkungan Sekolah. 

Seperti yang dilakukan SD Negeri 181 Tanah Kongkong Kabupaten Bulukumba, Senin, 22 April 2024.

Kepala SD Negeri 181 Tanah Kongkong Kabupaten Bulukumba, Aswaty mengatakan peringatan hari bumi ini bertujuan memotivasi dan meningkatkan kepedulian masyarakat agar memelihara bumi sebagai tempat kita hidup dan berkehidupan dengan cara bersungguh-sungguh dalam penyelamatan bumi dari kerusakan, menghijaukan bumi dengan menanam pohon.

"Di SDN 181 Tanah Kongkong ada sekitar 25 pohon yang ditanam jenis kencana, mahoni, dan tanaman daun salam. Alhamdulillah seluruh peserta didik sangat antusias menyambut kegiatan ini," ungkapnya, Senin, 22 April 2024.

Melalui kegiatan ini, Aswaty juga menuturkan penanaman pohon ini merupakan bagian dari proses komitmen sekolah untuk memelihara dan melestarikan keanekaragaman hayati  bisa menjadi tempat dan media belajar murid sehingga dapat mengenal mengetahui manfaat dan menumbuhkan rasa peduli dan kecintaannya terhadap tanaman 

"Dengan menanam pohon, kita tidak hanya membantu mengurangi polusi udara, tetapi juga ikut berkontribusi dalam mempertahankan keberlangsungan hidup bumi," tuturnya.

Hal yang sama juga dilakukan di SD Negeri 265 Bintarore dengan menanam puluhan pohon berbagai jenis. Guru SDN 265 Bintarore Andi Rifandy mengatakan ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Bupati Bulukumba yang mewajibkan kepada setiap siswa dan pelajar (SD dan SLTP) melakukan kegiatan menanam minimal 5 pohon setiap tahun.

"Kegiatan menanam pohon dan belajar menanam ini, merupakan langkah positif dalam menumbuhkan kesadaran siswa tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup. Diharapkan dengan kegiatan ini, para siswa dapat lebih menghargai alam dan bertanggung jawab dalam merawat tanaman," tutupnya. (sum/has/B)

Penulis: SumEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan