Untuk Pemberdayaan Petani, Andi Utta Minta UMKM Gunakan Bahan Baku Lokal

  • Bagikan
Andi Muchtar Ali Yusuf dan Andi Edy Manaf saat menghadiri peresmian Rumah Produksi Sambal Mama Aji di Desa Benteng Gantarang, Kecamatan Gantarang, Senin, 2 Juli 2024

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf meminta kepada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) khususnya yang berfokus di usaha kuliner agar produknya menggunakan bahan baku dari Kabupaten Bulukumba.

Seperti salah satunya usaha sambel yang digagas oleh salah satu influencer Bulukumba, Eril Cikas diharapkan menggunakan bahan baku cabe dari petani lokal.

Andi Utta sapaan akrab Bupati Bulukumba turut hadir dalam peresmian rumah produksi sambel berlabel Sambel Mama Aji. Ia mengapresiasi produk usaha yang mulai dikenal dan dipasarkan di luar daerah tersebut.

Andi Utta berharap, bahan baku sambel ini berasal dari Bulukumba, sehingga menurutnya usaha UMKM turut membuka peluang bagi pertanian tanaman cabai dalam penyediaan bahan bakunya.

Menurut Andi Utta, konsep usaha modern yakni petik olah jual  yang diterapkan Sambel Mama Aji patut dicontoh oleh pelaku usaha lainnya.

”Ini sudah konsep petik olah jual, bukan lagi petik lalu jual, selain akan menambah nilai dari produk, juga menyediakan pasar bagi petani cabai," terang Andi Utta saat memberikan sambutan dalam peluncuran Sambel Mama Aji di Desa Benteng Gantarang, Kecamatan Gantarang, Senin, 3 Juni 2024.

Selain dapat memberdayakan petani, kehadiran UMKM seperti Sambal Mama Aji ini juga mampu berkonribusi dalam penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Bulukumba.

Andi Utta berharap UMKM di Bulukumba termasuk Sambel Mama Aji untuk terus menambah produksinya. Karena menurutnya syarat untuk melakukan ekspor produk itu harus memiliki kualitas dan kuantitas yang berkelanjutan.

”Tidak bisa (ekspor) kalau hanya satu kali kirim, tapi harus dipastikan pengirimannya kontinu, sehingga kuantitas ini harus terus terpenuhi,” imbuhnya.

Sementara itu, Hj Muli, salah seorang Asisten Owner (AO) atau distributor asal Makassar, mengungkapkan rasa bangga atas pencapaian dari Sambel Mama Aji. Menurutnya dalam waktu singkat produk sambel ini laris di pasaran.

”Awalnya hanya sekitar puluhan yang laku, sekarang mencapai 3 ribuan hanya di kota Makassar,” puji Hj. Muli.

Sambel Mama Aji saat ini memiliki 7 varian rasa, yaitu Ikan Cakalang, Ikan Tuna, Daging Ayam, Daging Sapi, Teri, Ebi dan Cumi.

Diketahui, dalam kegiatan peresmian rumah produksi itu, Andi Muchtar Ali Yusuf hadir bersama Wakil Bupati, Andi Edy Manaf. Turut hadir Ketua DPRD Bulukumba, H. Rijal dan beberapa anggota DPRD, serta Camat Gantarang, Muh. Yusri.****

  • Bagikan