Kinerja Kepala OPD Pasca Mutasi akan Terus Dievaluasi, Andi Utta: Tak Sesuai Target, Siap-siap Diganti

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID — Pelaksanaan Apel Gabungan OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Bulukumba, Senin 17 Januari 2022 berlangsung istimewa. Ini adalah apel gabungan pertama bagi pejabat yang baru saja dilantik oleh Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf. Pada kesempatan tersebut Bupati juga menyampaikan agar para Kepala OPD yang baru dilantik untuk mulai bekerja. Menata kelembagaan bagi OPD yang digabung, serta memaksimalkan potensi setiap bidang yang ada. “Bangun kolaborasi, dan ciptakan inovasi. Sehingga gerak langkah setiap OPD mencerminkan kinerja pemerintahan dan pembangunan yang lebih baik,” tegasnya.

Dikatakan bahwa kinerja para Kepala OPD akan terus dipantau dan dievaluasi dalam 3 bulan dan 6 bulan ke depan. Jika tidak sesuai target dan harapan sebagaimana yang tertuang dalam Pakta Integritas, maka harus bersiap mengundurkan diri.

“Masih banyak ASN yang memiliki kapasitas yang antri di belakang saudara untuk diberikan kesempatan menduduki jabatan tersebut,” ungkap Bupati.

Begitu pula kepada para pejabat lainnya, lanjut Andi Utta, wajib menunjukkan kinerja. Karena semuanya akan menjadi bahan evaluasi dan penilaian ke depan. Semua harus bergerak bersama dan seirama dalam menjalankan program kegiatan, khususnya program kegiatan yang dilaksanakan di tahun anggaran 2022 ini.

“Saya minta untuk mempersiapkan pelaksanaan program kegiatan tahun 2022 dengan baik dan cermat. Khususnya pada program-program unggulan Pemerintah Daerah, sehingga dapat meminimalisir dampak atau kesalahan yang terjadi,” bebernya.

Bagi OPD yang bersentuhan langsung dengan pelayanan kepada masyarakat, Bupati meminta memberikan layanan yang terbaik, responsive, ramah dan tuntas. Dalam memberikan layanan agar meminimalisir terjadinya kesalahan yang dapat memberikan ruang kesempatan kepada masyarakat protes di media dan men-viralkan kesalahan tersebut.

“Olehnya itu, dalam bekerja sangat penting didasari dengan rasa cinta kepada Bulukumba, sehingga senantiasa ada motivasi untuk selalu memberikan kinerja dan pelayanan yang terbaik,” ungkapnya.

Selanjutnya, dalam rangka menyambut Hari Jadi Kabupaten Bulukumba ke-62 tahun 2022, Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf meminta semua mulai berbenah yang diawali dengan penataan kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing, terutama OPD yang mengalami penggabungan.

Bupati Bulukumba ingin setiap kantor lingkup Pemerintah Kabupaten Bulukumba menjadi contoh dalam hal kebersihan dan penataan taman dan pagar kantor, termasuk dalam hal pemberian warna yang lebih netral.

“Bagus kalau warnanya polos, sehingga tidak harus dikait-kaitkan warna partai politik,” ungkapnya saat memimpin Apel Gabungan OPD yang bertepatan dengan 17 Januari 2022 yang merupakan Hari Kesadaran Nasional.

Dikatakan, setiap kantor harus selalu tampak bersih dan tertata, karena hal tersebut menunjukkan wajah pemerintahan dan wajah dari para ASN itu sendiri yang berada di kantor tersebut.***

  • Bagikan