Hadirkan Jurnalis Profesional, KIR SMK TI Bulukumba Gelar Kelas Jurnalistik

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID — Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Teknologi Informatika (TI) Bulukumba menggelar Citizen Journalism Camp di Kawasan Wisata Bira Bulukumba, Sabtu, 15 Januari 2022.

Citizen Journalism Camp adalah kegiatan ekstrakurikuler yang digelar dalam rangka memberikan pelatihan dasar-dasar jurnalistik kepada para peserta yang merupakan anggota KIR.

Ketua Panitia, Calvin Umboh, yang sekaligus juga menjadi salah satu peserta memaparkan kegiatan itu diikuti oleh 20 peserta yang merupakan anggota KIR yang rata-rata masih duduk di bangku kelas X dan XI.

Calvin mengungkapkan, bahwa kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari, mulai dari Sabtu hingga Minggu 16 Januari 2022, dengan tiga materi pembelajaran.

Kegiatan kelas jurnalistik dasar tersebut menghadirkan jurnalis profesional dari media Harian RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID sebagai pemateri.

Seperti materi soal ‘Mengenal Dunia Jurnalistik dan Kode Etik Jurnalistik’ dan ‘Teknik Penulisan Berita’ dibawakan oleh Baso Marewa salah satu jurnalis di RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID.

Baso Marewa saat memaparkan materi di depan peserta Citizen Journalism Camp

Selanjutnya, materi Teknik Reportase dan Penyuntingan dibawakan oleh Suparman yang juga merupakan redaktur di Harian RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID.

Meski cuaca di Bira saat itu kurang bersahabat karena angin kencang, namun kegiatan tetap terlaksana dengan lancar.

“Ini pertama kalinya kami mendapatkan pembelajaran soal jurnalistik, dan kami sangat senang karena bisa belajar langsung dari pemateri yang merupakan jurnalis profesional,” kata Calvin.

Sementara itu, Guru Pembina KIR SMK TI Bulukumba, Djadja Suparman, mengaku bangga dengan antusias dari para peserta Citizen Journalism Camp tersebut.

“Saya harap dengan kegiatan ini pengetahuan siswa-siswi yang jadi peserta semakin luas, dan tentu kami harap kualitas mereka dalam menulis juga semakin baik,” harap Djadja.

Diketahui, pada kegiatan ini turut hadir Kepala SMK TI Bulukumba Harly Umboh, serta Kepala Yayasan Umboh Fatmawati Umboh.***

Penulis: Calvin Umboh (Peserta Citizen Journalism Camp)

  • Bagikan