Ikut Vaksinasi, Cara Lansia di Kindang Cegah Penyebaran Covid-19

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID — Pemberian vaksinasi Covid-19 terus dilakukan di Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Kindang Kecamatan Kindang, Kabupaten Bulukumba.

Pelayanan vaksinasi ini dikhususkan untuk masyarakat Desa Kindang, tidak terkecuali bagi masyarakat yang sudah berusia lanjut (lansia). Warga menyambut baik dan antusias adanya kegiatan vaksinasi ini. Terlebih lagi terhadap layanan vaksinasi yang diadakan di Pustu Kindang.

Penyelenggaraan vaksinasi lansia merupakan bentuk partisipasi dalam mendukung program pemerintah dalam memberantas virus Corona. Semua berharap program vaksinasi Covid-19 ini bisa terlaksana dengan baik dan membentuk kekebalan tubuh bagi masyarakat.

Total persentase masyarakat Desa Kindang yang sudah menerima vaksinasi Dosis pertama sebanyak 56 persen, 27 persen diantaranya adalah masyarakat lanjut usia.

Emmi Sudaryanti Syam, Penanggungjawab Pustu Desa Kindang menyampaikan bahwa pemberian layanan di pustu dilakukan sesuai prosedur.

” Minimal 1/2 dari jumlah dosis 1 vialnya, misal vaksin pfizer 1 vialnya untuk dosis 6 orang jadi minimal 3 atau 4 orang, kalau moderna 1 vialnya dosis 15 orang minimal 7 atau 8 orang,” kata Emmi.

Emmi menambahkan selain layanan di pustu, pihaknya juga melakukan layanan door to door, dan pelayanan vaksinasi di Pasar Desa Kindang.

Sementara itu di kediamannya, Museng (73 tahun) warga Dusun Sapaya Desa Kindang yang mengikuti layanan ini merasa sangat senang sebab jauh berbeda ketika mengikuti vaksinasi massal.

“Bagus sekali saya kurasa karena tidak terlalu antrika, berbeda jika ikutki vaksinasi massal, terlalu lamaki antri,” ucap Museng.

Lanjutnya, Museng mengatakan bahwa semuanya anggota keluarganya diajak untuK vaksin.

“Saya kusuruh semua anggota keluargaku untuk vaksin karena agak ringan badan dirasa kalau sudahki vaksin,” tukasnya.

Sementara itu Subaedah (64) tahun Warga Dusun Mattirodeceng Desa Kindang, mengaku dirinya sangat terbantu dengan adanya layanan vaksinasi karena bisa melakukan pengecekan kesehatan lainnya secara gratis.

“Dengan adanya layanan vaksinasi yang digalakkan Pemerintah, bisa juga ditahu kondisi tubuh sehat atau tidak sehat,” tambahnya.

Laporan: Mahdi Nawir, Komunitas Jurnalis Warga Bulukumba).

  • Bagikan