Gelar Idul Adha, Masjid Jami Jabal Nur Bontonyeleng Desa Bukit Harapan Dipadati Jemaah

  • Bagikan
Pelaksanaan Salat Idul Adha 1443 H di Masjid Jami Jabal Nur Bontonyeleng Desa Bukit Harapan Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba, Sabtu, 9 Juli 2022

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Ratusan warga menggelar Salat Idul Adha 1443 H di Masjid Jami Jabal Nur Bontonyeleng, Desa Bukit Harapan, Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba, Sabtu, 9 Juli 2022.

Sejak selepas subuh warga mulai berdatangan mendatangi masjid Jami Jamal Nur, hingga tepat pada Pukul 07.00 WITA, Harum selaku ketua panitia memulai prosesi Salat Idul Adha.

Harum mempersilahkan kepada Ustaz Ahmad Fauzan untuk memimpin salat, dan kemudian setelah tahiad akhir Ustaz Mushaddiq mengambil tugas sebagai khatib.

Dalam tauziah-nya, Ustaz Mushaddiq menceritakan sejarah Idul Adha atau yang dikenal sebagai Idul Qurban.

Ia menceritakan, Idul Qurban dimulai di zaman Nabi Ibrahim yang saat itu diperintahkan oleh Allah untuk menyembelih anaknya yakni Nabi Ismail.

Menurutnya saat itu Allah menguji ketaatan Nabi Ibrahim yang diminta mengorbankan anak yang sangat disayanginya, tetapi pada akhirnya Allah mengganti posisi Nabi Ismail yang akan disembelih dengan hewan qurban.

"Cerita Nabi Ibrahim ini kita belajar soal ketaatan terhadap perintah dan larangan Allah Subhanawataalah. Dan ketaatan itu memang butuh pengorbanan," ujar Mushaddiq.

Setelah Mushaddiq menyampaikan tauziah, rangkaian Idul Adha di Masjid terbesar di Desa Bukit Harapan itu-pun berakhir, para jamaah meninggalkan masjid dengan tertib.***

  • Bagikan