Forum Anak Panrita Lopi Tingkatkan Kapasitas dengan Belajar Jurnalistik dan Public Speaking

  • Bagikan
Forum Anak Panrita Lopi berpose bersama narasumber usai kegiatan Penguatan Kapasitas Forum Anak Bulukumba, Selasa 12 Juli 2022.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bulukumba menggelar kegiatan Peningkatan Kapasitas bagi Forum Anak Kabupaten Bulukumba, Selasa 12 Juli 2022. Kegiatan yang dilaksanakan di RM HDR Bulukumba menghadirkan pembicara Sunarti Sain selaku Ketua Tim Reaksi Cepat Perlindungan Perempuan dan Anak Kabupaten Bulukumba yang juga dikenal sebagai Pemimpin Redaksi RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID.

Selain diberi pengenalan soal Konvensi Hak Anak, puluhan anggota Forum Anak Panrita Lopi juga dibekali pengetahuan tentang jurnalistik. Ke depan diharapkan anak-anak yang tergabung dalam Forum Anak Panrita Lopi memiliki keterampilan menulis dan mampu mengisi website forum anak yang baru saja dibangun dengan informasi-informasi layak anak.

Sekretaris DPPKBP3A Kabupaten Bulukumba Andi Iis Pandita yang mewakili Kepala Dinas menyampaikan, kegiatan penguatan kapasitas forum anak Bulukumba menjadi sangat penting karena kehadiran forum anak sebagai pelapor dan pelopor. "Forum Anak punya peran yang sangat besar. Pemenuhan Hak Anak di Bulukumba harus dilakukan berbagai pihak," ujarnya.

Hal yang sama disampaikan Kabid PPA Irmayanti Asnawi yang turut hadir pada saat pembukaan kegiatan. Menurut Irmayanti salah satu program kerja bidang PPA menitikberatkan pada peningkatan kapasitas dan SDM Forum Anak Bulukumba agar kehadiran Forum Anak mampu membantu tercapainya Bulukumba Layak Anak.

Sunarti Sain yang membawakan materi soal Mengenal Konvensi Hak Anak menyebutkan bahwa dalam setiap tahapan dan proses pembangunan yang menyangkut kehidupan anak harus mengacu kepada Konvensi Hak Anak. "Sehingga tidak ada pilihan lain kecuali kita melaksanakan dan menghormati KHA yang sudah diratifikasi Indonesia sejak 1990," ujarnya.

Sunarti juga memberikan materi soal Teknik Menulis Berita yang disambut antusias anggota Forum Anak Panrita Lopi. (nad)

  • Bagikan