Disparpora Siapkan Kahayya jadi Destinasi Unggulan Sulsel  

  • Bagikan
Suasana puncak Donggia di Desa Wisata Kahayya, Kabupaten Bulukumba.
BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID --  Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Bulukumba menyiapkan Desa Wisata Kahayya, Kecamatan Kindang, menjadi destinasi wisata unggulan di Sulawesi Selatan.  
Kepala Disparpora,  H. Muhammad Daud Kahal, mengatakan Destinasi Wisata Kahayya saat ini sementara dibenahi.   " Kahayya adalah destinasi masa depan, kini tengah dibenahi dan dipersiapkan sarana dan prasarananya," katanya.  
Menurutnya, desa wisata yang masuk dalam program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) ini selain menawarkan panorama alam yang indah, juga memiliki potensi produksi kopi yang terkenal dengan sebutan kopi Kahayya.   Sementara keindahan alamnya, lanjut Daud Kahal pemandangan di wilayah dataran tinggi dengan dua air terjun yang indah akan membuat pengujung betah berlama-lama di lokasi tersebut.  
"Apalagi hawanya yang sejuk sambil menyeruput kopi hangat, tentu sangat melengkapi menikmati panorama di Kahayya," jelasnya.   Desa wisata tersebut tambah Daud letaknya di sebelah utara Kota Bulukumba ini berada tepat di kaki Gunung Lompobattang yang mayoritas penduduknya sebagai petani kopi.   Desa Kahayya berjarak sekitar kurang lebih 34 Kilometer dari Kota Bulukamba atau 204 km dari Kota Makassar atau lama tempuh perjalanan 5 - 6 jam dengan kendaraan roda empat.  
"Destinasi wisata ini berada pada ketinggian sekitar 900 hingga 2800 MDPL,  sehingga hawanya sangat sejuk dan desa ini berpotensi untuk menghasilkan berbagai jenis tanaman produksi seperti kopi, merica, dan tembakau," tutupnya.(sum)
  • Bagikan