Koalisia Milad ke-3, Dorong Pemerintah Ciptakan Kota Ramah Lansia

  • Bagikan
Presiden Koalisia Sustriani A. Tahir bersama Dewan Penasehat Koalisia A. Majdah M. Zain dan A. Nuridayati Zainuddin saat diskusi dalam rangka Milad ke-3 Koalisia.
MAKASSAR, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Komunitas Akhwat Peduli Lansia atau Koalisia merayakan Milad ke-3 dengan menggelar diskusi terbatas soal pola pengasuhan lansia. Diskusi dan juga doa bersama dalam rangka Milad ke-3 Koalisia ini dilaksanakan di Warkop Arnum, Jalan Tupai No 2 Makassar, Rabu 28 September 2022.
Hadir pada Milad ke-3 Koalisia, Presiden Koalisia Sustriani Tahir, Dewan Pembina Dr Hj. A. Majdah M. Zain dan Andi Nuridayati Zainuddin, Dewan Pakar Husaima Husain dan Sunarti Sain, serta para pengurus dan anggota Koalisia.
A. Majdah dalam diskusi internal tersebut mengemukakan pentingnya sebuah kota memiliki keberpihakan pada lansia. "Kita berharap Makassar bisa menjadi kota yang ramah terhadap lansia. Taman-taman kota benar-benar nyaman dan aman, serta fasilitas publik mendukung para lansia yang memiliki beragam kerentanan," urai Majdah.
Selain mendorong pemerintah menciptakan kota yang ramah terhadap lansia, pada diskusi tersebut berkembang pula gagasan agar legislator mampu melahirkan Ranperda inisiatif mengenai kota ramah lansia. Termasuk juga pentingnya edukasi terhadap keluarga dan generasi muda mengenai pola pengasuhan lansia. "Pola pengasuhan lansia ini penting disosialisasikan terutama kepada keluarga yang memiliki lansia," tambah Majdah.
Husaima Husain yang hadir ikut memberikan sumbang pikiran. Menurutnya, saat ini negara belum hadir untuk memberikan fasilitas yang baik bagi lansia.  "Beda dengan di luar negeri. Di Amerika misalnya, ada transportasi publik khusus untuk lansia. Ada taman dsb.  Isu ini memang harus terus kita gaungkan agar menjadi perhatian bersama," tegas Husaima.
Hal senada disampaikan Presiden Koalisia Sustriani A. Tahir. Dijelaskan, ada banyak agenda yang akan dilakukan oleh Koalisia ke depan. "Saya bahagia sekali hari ini karena milad ke-3 Koalisia meski kita rayakan dengan sederhana tapi melahirkan banyak ide bernas untuk kebaikan lansia di kota ini," ujar Sustriani. Lebih lanjut disebutkan Sustriani, salah satu dewan penasehat Koalisia yakni Fatimah Kalla walau berhalangan hadir tapi sangat mendorong dan mensupport setiap ide agar mampu dilaksanakan dengan baik. (nad)
  • Bagikan