Barista Perempuan dari Bantaeng Juarai V60 Competition di Senandung Kopi Kahayya 2022

  • Bagikan
Ummu, barista perempuan dari Sentra Kopi Banyorang yang menjadi Juara I V60 Competition di Senandung Kopi Kahayya 2022.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Salah satu kegiatan yang mencuri perhatian pada event Senandung Kopi Kahayya 2022 adalah V60 Competition yang digelar Sabtu 8 Oktober 2022 di Dusun Tabuakkang Desa Kahayya, Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba. Tahun ini V60 Competition diikuti 60 peserta dari berbagai daerah. Setelah melalui penjurian yang ketat oleh Dewan Juri yang terdiri dari Awal Irsyad, Marsan Mansyur, H. Nasrum, dan Apping, terpilih sebagai pemenang (Juara I) adalah barista dari Sentra Kopi Banyorang Kabupaten Bantaeng, Ummu, Juara II Mufli juga dari Sentra Kopi Banyorang Bantaeng serta Juara III; Lukman (Kahayya) dan Ayura dari Coffee Tifity Makassar.

Ummu, barista perempuan dari Bantaeng sejak awal sudah tampil meyakinkan di babak penyisihan. Manual brewing V60 Competition sendiri merupakan kompetisi menyeduh kopi yang tidak hanya mengandalkan teknik tapi juga rasa. Kompetisi kopi ini tidak disangka-sangka banyak peminatnya. Antusiasme masyarakat pencinta kopi juga cukup besar. Khususnya para barista dari coffee shop yang datang khusus ke Kahayya.

Lukman salah seorang peserta V60 Competition dari Desa Kahayya mengaku bangga bisa menjadi peserta. Apalagi ia merupakan perwakilan barista lokal yang masim minim pengalaman. "Saya senang sekali karena belajar dari barista yang lain," ujar Lukman.

H. Nasrum salah seorang juri V60 Competition mengatakan, kegiatan seperti ini harus lebih sering diadakan. Apalagi Bulukumba termasuk daerah penghasil kopi yang dikenal dengan beragam jenis kopinya. Hal yang sama dikatakan Apping, juri kompetisi kopi dari Kalimantan menyebut bahan dasar kopinya sama, cara menyeduh dari setiap barista menghasilkan aroma dan rasa yang berbeda-beda. (nad)

  • Bagikan