BAZNAS Tanggap Bencana, Sambangi Korban Kebakaran di Kajang

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- BAZNAS Tanggap Bencana (BTB) Kabupaten Bulukumba gercep sambangi korban kebakaran. Kali ini lokasinya di Kecamatan Kajang.

Bencana kebakaran terjadi Jumat, 24 Februari 2023 sekira pukul 11.30 tyang menimpa satu unit rumah penduduk hingga rata dengan tanah.

Bencana kebakaran yang terjadi di Lingkungan Barang, Kelurahan Tanah Jaya, Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba. Ada lima orang yang tinggal menetap di rumah tersebut. Satu diantaranya adalah seorang bayi berusia 23 bulan.

Meski tidak ada korban jiwa, namun saat ditemui di lokasi kejadian, pemilik rumah, Rahmawan mengaku kehilangan surat-surat penting beserta uang tunai yang keseluruhan kerugian berkisar hingga ratusan juta rupiah.

"Tidak ada yang bisa diselamatkan. Sisa baju yang di badan," singkatnya terpukul.

Saat api mengamuk di siang terik itu, ada 10 unit armada pemadam kebakaran Sektor Kajang dan Bonto Bahari yang berjibaku memadamkan api.

Disaat bersamaan, Tim Relawan BAZNAS Tanggap Bencana (BTB) yang mendapat informasi bencana kebakaran tersebut langsung bergerak mempersiapkan bantuan darurat yang akan disalurkan kepada korban.

Di lokasi kebakaran, relawan BTB yang dipimpin oleh Ketua III BAZNAS Kabupaten Bulukumba, Darmawan Sonda. Terjun langsung menyalurkan dan menyerahkan bantuan darurat yang telah dibingkis oleh tim.

Isi bingkisannya, diantaranya sembako, alat memasak dan santunan untuk memenuhi keberlangsung hidup korban kebakaran hingga beberapa waktu ke depan.

Ustad Darso, sapaannya menjelaskan, bantuan kedaruratan diberikan sebagai perpanjangan tangan para muzakki yang rutin berzakat dan berinfak di Baznas Kabupaten Bulukumba.

Dalam kedaruratan, kata pria lulusan Universitas Muslim Indonesia Jurusan Ekonomi Management 2004 itu, BAZNAS Kabupaten Bulukumba selalu berupaya menjadi garda terdepan dalam kebencanaan. Karena anggaran yang sudah tersedia, sehingga pemanfaatannya betul-betul disesuaikan dengan kebutuhan untuk membantu masyarakat Bulukumba.

"Untuk kunjungan awal, kami menyalurkan sembako dan kompor serta santunan untuk korban. Selanjutnya kami akan berkoordinasi dengan pemerintah setempat untuk pemenuhan bantuan perlengkapan sekolah bagi anak-anak yang menjadi korban," ucapnya

Pria kelahiran Bulukumba 1 Mei 1981 itu tidak lupa menyampaikan ucapan belasungkawa untuk korban kebakaran. Ia berharap keluarga yang ditimpa musibah bisa bersabar dan diberikan kekuatan.

Selain itu, ia juga mengatakan, semakin banyak yang berzakat dan berinfak di BAZNAS maka semakin banyak pula yang akan terbantu. (rls)

  • Bagikan