Peringatan BMKG Hingga 6 Maret, Sulsel Kembali Diguyur Hujan

  • Bagikan

MAKASSAR, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini tujuh harian mulai 28 Februari hingga 6 Maret 2023 mendatang. 

Dalam keterangan resminya dikatakan, pusat tekanan rendah terpantau di Australia bagian utara menyebabkan daerah low level jet dan konvergensi di sekitar Sulawesi Selatan. 

Low Level Jet merupakan fenomena anomali angin kencang di sekitar lapisan troposfer. Sedangkan, konvergensi merupakan daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin.

“Labilitas lokal kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal terdapat di wilayah Sulawesi Selatan,” jelas Kepala BMKG Wilayah IV, Irwan Slamet. 

Tepat pada hari ini tanggal 1 Maret 2023 terdapat potensi hujan lebat hingga sangat lebat di kabupaten/kota seperti Barru, Pangkep, Maros, Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto, dan Kepulauan Selayar. 

Adapun wilayah yang berpotensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang hingga 2 Februari diantaranya, Luwu Timur, Luwu Utara, Palopo, Luwu, Toraja Utara, Tana Toraja, Pinrang, Pare-pare, Bone, Soppeng, Barru, Pangkep, Maros, Makassar, Gowa Takalar, Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, Sinjai dan Selayar. 

Kemudian, wilayah yang berpotensi angin kencang adalah pesisir barat dan selatan Sulsel. 

Selanjutnya, pada tanggal 3-6 Februari berpotensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang diantaranya, Luwu Utara, Palopo, Luwu, Toraja Utara, Enrekang, Sidrap, Pinrang, Pare-pare, Soppeng, Barru, Pangkep, Maros, Makassar, Gowa dan Takalar. (rls)

  • Bagikan