Prof Marwan Mas Meninggal, Aktivis HAM dan Forum Dosen Kehilangan Sosok Intelektual Idealis

  • Bagikan
Prof Marwan Mas semasa hidup.

MAKASSAR, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID Kabar meninggalnya Prof Marwan Mas meninggalkan duka dan kehilangan bagi kerabat dan kolega guru besar Universitas Bosowa Makassar. Guru besar hukum pidana Unibos Makassar itu, meninggal dunia Minggu (5/3/2023) dini hari.

Aktivis Djusman AR, sahabat Prof Marwan Mas melalui akun Facebooknya menyampaikan kabar duka.

"Innalillahi wainna ilaihi rojiun. Pukul pukul 00.20 Wita telah pulang  ke rahmatullah sabahat kita Prof Marwan Mas. Semoga amal ibadahnya melapangkan jalannya," tulis Djusman AR dalam akun facebokknya Minggu (5/3/2023) dini hari.

Dr Irfan Yahya, Ketua STAI Al Bayan Hidayatullah Makassar juga menyampaikan rasa kehilangan. "Kak Marwan Mas adalah salah satu sosok intelektual idealis yang istiqomah sejak dulu. Tentu kita semua kehilangan," katanya kepada RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID.

Dalam beberapa hari terakhir, Prof Marwan Mas memang dikabarkan sedang jatuh sakit.

Pakar hukum pidana itu dirawat di RS Ibnu Sina Jalan Urip Sumoharjo Kota Makassar.

Prof Marwan aktif di Forum Dosen.

“Beliau salah satu yang aktif dalam setiap sesi diskusi Forum Dosen selama ini. Semoga beliau segera sembuh dan pulih kembali ... Aamin YRA,” kata Koordinator Forum Dosen Tribun Timur Adi Suryadi Culla Minggu (26/2/2023) lalu.

Menurut Adi Suryadi Culla, Rektor UIN Alauddin Prof Hamdan Juhanis menyinggung soal sakitnya Prof Marwan di WAG Forum Dosen, dan direspon dengan doa dari anggota Forum Dosen.

“Kabar sakitnya Prof Marwan memang sudah beredar beberapa hari dan semua teman-teman mendoakan kesembuhan beliau di group,” kata Adi Culla.

“Beberapa kali rencana besuk, namun belum kesampaian waktunya. Saya sudah sampaikan ke group mohon bagi anggota group yang sempat waktu jika berkenan membezuk dan mendoakan bersama sahabat kita Prof Marwan .. atau bisa juga bareng bersama semoga memberi semangat kesembuhan beliau,” jelas Adi Culla menambahkan.

Menurutnya, sebulan lalu Prof Marwan masih sempat ikut diskusi Forum Dosen akhir tahun 2022 dan awal tahun 2023.

Informasi yang dihimpun, Prof Marwan sudah 10 hari dirawat di RS Ibnu Sina Kota Makassar.

Prof  Marwan Mas dikabarkan mengalami sakit hipoglikemia atau gula darah rendah.

Prof Dr Marwan Mas MH adalah Guru Besar Ilmu Hukum Unibos.

Ia juga adalah bagian dari Forum Dosen Tribun Timur.

Nama Marwan sangat lekat dengan kata hukum, korupsi, polisi dan Hak Asasi Manusia.

Ia kerap menjadi pembicara bukan saja di Makassar, daerah kabupaten hingga ke ke ibukota.

Marwan juga tidak hanya tampil dalam diskusi dan seminar, namun kerap jadi narasumber di media. Gagasan, identifikasi masalah, dan jalan keluar masalah hukum, ia bagi di halaman opini atau ulasan koran lokal dan nasional.  Sebelum menjadi dosen, Prof Marwan adalah anggota polisi dan memilih berhenti pada 1999. Ia juga kerap melontarkan kritik dan saran bagi dunia kepolisian. (in)

  • Bagikan