Jokowi Tertarik ke Bulukumba, Ajak Ngobrol Ketua Dekranasda Bulukumba Soal Pinisi dan Pantai Bira

  • Bagikan
Presiden Jokowi mendengarkan penjelasan Ketua Dekranasda Bulukumba tentang Pinisi dan destinasi wisata Tanjung Bira.

MAROS, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Presiden RI Joko Widodo tertarik dengan Kabupaten Bulukumba. Ketertarikan Jokowi disampaikan saat mengunjungi booth Dekranasda Kabupaten Bulukumba di ajang Pameran UMKM di Stasiun Rammang-rammang, Kabupaten Maros, Rabu 29 Maret 2023. Jokowi yang didampingi ibu negara Iriana Joko Widodo dan Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, tampak berbincang dengan Ketua Dekranasda Bulukumba Andi Herfida Attas.

Kepada RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID Andi Herfida menyampaikan bahwa Presiden Jokowi banyak bertanya soal Bulukumba. "Saya menjelaskan tentang Pinisi yang pusat pembuatannya ada di Bulukumba. Juga soal destinasi Pantai Tanjung Bira yang menjadi primadona pariwisata di Bulukumba," ujar Andi Herfida.

Jokowi tampak memperhatikan detail miniatur Pinisi yang dipamerkan saat itu. Sesekali Gubernur Sulsel memberi penjelasan. Begitu juga Andi Herfida Attas yang dengan tangkas menyampaikan proses pembuatan perahu Pinisi yang sarat dengan filosofi. Mengenakan blazer bercorak lambang Dewan Kerajinan Nasional, Andi Herfida terlihat penuh percaya diri menyambut orang nomor satu di Indonesia itu.

"Saya pun surprise ya. Setelah mendengar penjelasan tentang Bulukumba, Bapak Presiden langsung memanggil ajudannya dan meminta ajudan mencatat semua hal tentang Bulukumba. Termasuk jarak tempuh Makassar-Bulukumba, sampai fasilitas apa yang ada di destinasi wisata di Bira. Ajudan Pak Presiden harus bolak-balik berkoordinasi dengan saya untuk mencatat dan melengkapi data tentang Bulukumba," jelas Andi Herfida yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kebudayaan Kota Makassar.

Kehadiran Jokowi di Sulsel berkaitan dengan kunjungannya ke beberapa lokasi. Termasuk di Depo Kereta Api Maros untuk meresmikan tempat tersebut sekaligus meresmikan pengoperasian jalur kereta api. Jadwal Jokowi sendiri masih berlanjut pada Kamis 30 Maret di Sorowako Kabupaten Luwu Timur. (una)

  • Bagikan