Tetapkan Ganjar sebagai Capres PDIP, Megawati Sebut Termasuk Pertimbangan dari Jokowi

  • Bagikan

BOGOR, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Ganjar Pranowo resmi diumumkan sebagai calon presiden PDIP untuk Pemilu 2024, penetapan calon presiden melalui rapat DPP PDIP ke-104 itu digelar di Istana Batu Tulis Bogor, Jumat, 21 April 2023.

Pengumuman Ganjar Pranowo sebagai Capres disampaikan langsung oleh Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri yang disiarkan secara livestreaming melalui kanal YouTube PDI Perjuangan.

Ganjar Pranowo dipilih sebagai Capres PDIP, Megawati mengaku menggunakan segala pikiran dan akal budi serta pertimbangan dari sejumlah tokoh bangsa termasuk Presiden Jokowi, serta jajaran pengurus partai.

Selain menetapkan Ganjar sebagai Capres, Megawati juga menugaskan Prananda Prabowo untuk memonitoring dinamika politik nasional. Demikian juga dengan Puan Maharani ditugaskan untuk membentuk tim guna memenangkan Pilpres dan Pileg 2024.

Megawati juga memberikan instruksi melalui perintah harian kepada tiga pilar partai yakni struktural partai, anggota legislatif, dan eksekutif partai untuk segera bergerak dan bekerja keras memenangkan Pemilu 2024.

"Laksanakan perintah ketua umum ini dengan penuh disiplin, penuh disiplin, penuh disiplin, satukan diri dan singsingkan lengan, kepalkan tangan persatuan dan menangkan Pemilu sekali lagi tahun 2024," tegas Megawati.

Sementara itu, Presiden Jokowi yang juga hadir dalam rapat tersebut menyatakan bahwa saat ini rakyat harus segera mengetahui Paslon presiden dan wakil presiden agar rakyat memiliki kesempatan yang memadai dalam menilai pilihannya.

"Untuk itu saya sangat mengapresiasi saya sangat menghargai keputusan Ibu Megawati Soekarno Putri Ketua Umum PDI Perjuangan yang baru saja mengumumkan keputusannya bakal calon presiden yang diajukan oleh PDI Perjuangan yaitu bapak Ganjar Pranowo," ucap Jokowi.

Jokowi menegaskan Ganjar Pranowo adalah sosok pemimpin yang dekat dengan rakyat, selalu turun ke rakyat dan sangat ideologis.

Jokowi juga mengingatkan bahwa pemimpin baru ke depannya tidak boleh membelokkan keberlanjutan perjuangan bangsa Indonesia, pemimpin yang baru harus terus melanjutkan visi bangsa dan program unggulan yang telah dicanangkan.

"Semoga Pilpres 2024 akan berjalan dengan damai dan demokratis dan akan terpilih pemimpin yang menuruskan upaya Indonesia menjadi negara maju adil dan makmur," harap Jokowi.

Dalam kesempatan itu Ganjar Pranowo juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan sepata kata.

Meski dia menggap bahwa penugasan sebagai Capres PDIP bukan hal yang mudah, Ganjar mengaku siap menjalan tanggung jawab tersebut demi melanjutkan cita-cita Bung Karno.

"Ibu Mega terimakasih, dengan mengucap Bismillahirahmanirahim Insya Allah kami akan melaksanakan tugas ini dengan sebaik baiknya," ucap Ganjar.

"Dan tentu saja kader-kader lahir dari tokoh-tokoh perempuan yang sangat hebat tepat di hari Kartini pada hari ini," imbuhnya.

Diketahui, rapat tersebut digelar di Istana Batu Tulis, di mana tempat itu merupakan tempat yang memiliki kedekatan historis dengan Presiden pertama RI yang juga ayah Megawati, Sukarno.

Istana ini didirikan oleh Sukarno sebagai tempat peristirahatan, dan berlokasi dekat dari prasasti Batu Tulis. (ewa/has/B)

  • Bagikan