Andi Reski Anggraini, Pengusaha Muda dari Bulukumba Terpilih Jadi Young Ambassador Agriculture 2023

  • Bagikan
Andi Reski Anggraini

JAKARTA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Perempuan pengusaha pertanian asal Bulukumba, Andi Reski Anggraini terpilih menjadi Young Ambassador Agriculture 2023. Founder dari Ondeway Sinergi Indonesia ini berhasil memikat para juri di ajang yang dilaksanakan Kementerian Pertanian RI 2023 yang digelar di International Convention Center IPB Bogor, 2-5 Mei 2023.

"Alhamdulillah setelah proses yang cukup panjang dengan total pendaftar 1051 orang dari seluruh Indonesia, saya berhasil terpilih menjadi Young Ambassador 2023," ujar Ikky, sapaan akrab Andi Reski kepada RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID.

Ikky menceritakan, ia melalui beberapa tahapan seperti seleksi administrasi, seleksi potensi dan pengembangan diri, bootcamp dan lolos hingga tahapan akhir yakni penjurian grand final.

Di event ini ada 4 dewan juri yang memberikan penilaian terhadap 70 Finalis dari berbagai kota di Indonesia. Para juri terdiri dari Kepala Pusat Pendidikan Pertanian Dr. Idha Widi Arsanti, S.P., M.P, Psikolog Puri Ayu Lestari, M.Psi, Director of Indonesia Sweetener and Fiber Crop Research Institute Kuntoro Boga Andri, S.P, M.Agr, Ph.D dan Dr. Rulli Nasrullah, M.Si.

Menurut Andi Reski, Young Ambassador merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS) dari Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian.
"Young Ambassador merupakan kegiatan pemilihan pengusaha muda sektor pertanian dari seluruh Indonesia untuk dapat menjadi duta Program YESS Kementerian Pertanian dengan tujuan mempromosikan, menyebarkan resonansi pertanian dan mengajak kaum muda untuk terlibat secara aktif di sektor pertanian," ujarnya.

Dengan terpilihnya Andi Reski menjadi Young Ambassador menjadi pembuktian di tingkat nasional bahwa potensi kaum muda di daerah kabupaten sangat besar. "Saya berharap bisa terus menebarkan semangat pengusaha muda pertanian, bagaimana menciptakan ekosistem pemberdayaan dari hulu ke hilir," tegas Ikky penuh.

Seperti diketahui, Ondeway Indonesia yang dibangun Ikky bersama sang suami Awal Irsyad merupakan bisnis kopi yang diawali dengan aktivitas sosial kemasyarakatan. Ikky dan suami awalnya mendampingi petani kopi di Kahayya Bulukumba pada 2014. Melihat potensi bisnis kopi yang sangat besar, Ikky pun memulai berjualan kopi Kahayya dengan brand Ondeway Indonesia. Mulai dari menjual kopi botolan, menjual menggunakan gerobak kopi atau coffee bike sampai kini memiliki outlet sendiri lengkap dengan mesin roasting. Ondeway menjadi salah satu brand kopi ternama di Bulukumba dan konsisten menggunakan bahan baku kopi lokal dari Kahayya untuk semua jenis kopinya. (una)

  • Bagikan