Menatap Cakrawala Dunia dari Jendela TBM Karama

  • Bagikan

Buku adalah jendela dunia, sebuah kalimat yang mengisyaratkan bahwa untuk menguasai dunia adalah melalui pengetahuan, dimana sumber pengetahuan itu bisa didapatkan salah satunya melalui gemar membaca buku. Hal ini lah kemudian menjadi cikal bakal di gagasnya Taman Baca Masyarakat (TBM) Desa Karama, Kecamatan Rilau Ale.

Laporan: RAKHMAT FAJAR

Di antara pepohonan yang menari dengan angin, TBM Karama Cendekia menjadi tempat favorit di desa itu untuk memancarkan keajaiban literasi. Di tengah sejuk hijaunya Desa Karama, Kecamatan Rilau Ale, Kabupaten Bulukumba, Sulsel, Taman Baca Masyarakat ini adalah salah satu tempat di mana harapan-harapan masa depan dan bunga-bunga pengetahuan mekar.

Suara ceria anak-anak Bulukumba yang jauh dari kota bergema di tempat ini hampir setiap hari, seperti orkestra riang yang mengisi udara.

TBM Karama Cendekia menyediakan beragam bahan bacaan, seperti buku, sebagai sumber belajar bagi pengunjung dan masyarakat. Mereka juga melaksanakan kegiatan belajar bersama, seperti bahasa Inggris dan pendampingan belajar.

Hadi Kasmaja mengungkapkan bahwa TBM Karama Cendekia dirikan dan kelola bersama istrinya, bertujuan mengembangkan minat baca masyarakat Desa Karama.

“Tidak ada batasan usia bagi pengunjung taman aaca ini. Koleksi buku meliputi buku anak-anak, komik, buku tentang pertanian, dan buku tentang resep-resep makanan, dan sebagainya," tutur Hadi Kasmaja.

Anak-anak yang berkunjung ke TBM Karama Cendekia diajak untuk belajar Bahasa Inggris dan mendapatkan pendampingan belajar. Kegiatan ini disesuaikan dengan tingkat pendidikan mereka, sebagian besar masih berada di tingkat taman kanak-kanak dan sekolah dasar.

TBM Karama Cendekia sejak didirikan pada 2017 silam, sampai hari ini selalu bertaut dengan berbagai kegiatan. Bahkan kerap menjadi destinasi studi dan kegiatan bagi para mahasiswa, baik individu maupun kelembagaan.

Pada tahun 2021 silam, TBM menjadi objek penelitian yang dilakukan seorang mahasiswa Ilmu Perpustakaan dari Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin Makassar.

Selain tempat membaca, taman baca ini juga menyelenggarakan kegiatan rutin, seperti belajar Al Quran di pagi hari dan belajar ilmu umum di sore hari. Namun, masih terdapat kendala di mana sebagian pengunjung datang hanya untuk berfoto dan hanya sebagian kecil yang benar-benar memanfaatkan keberadaan taman baca ini.

Visi TBM Karama Cendekia adalah menjadi sumber informasi dan pengetahuan dalam rangka mewujudkan masyarakat yang cerdas, berkarakter, dan religius.

Misi mereka adalah menyediakan buku-buku bermutu, mengkondisikan membaca buku menjadi kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat, serta menjadi forum silaturahmi untuk kegiatan positif dalam pengembangan diri dan penguatan karakter. (*)

  • Bagikan