Warga Kalumeme Dapat Bantuan Teknologi Arsinum dari Pemprov

  • Bagikan
Monev pelaksanaan program Arsinum di Kalumeme, Bulukumba

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Kepala Dinas (Kadis) Perumahan Pemukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Bakti Haruni, melakukan monitoring dan evaluasi (monev) terhadap pelaksanaan Program Penyediaan Air Siap Minum (Arsinum) di Lingkungan Gusunge, Kelurahan Kalumeme, Kecamatan Ujungbulu, Kabupaten Bulukumba, Kamis, 22 Juni 2023.

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan pula kegiatan Alih Teknologi dan uji coba Arsinum serta penyerahan Arsinum kepada Kelompok Masyarakat di kawasan pesisir untuk dimanfaatkan dan dikelola oleh mereka.

Andi Bakti Haruni, menjelaskan bahwa Arsinum merupakan salah satu program prioritas yang digagas oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, guna memenuhi kebutuhan air minum masyarakat di wilayah pesisir dan kepulauan di Provinsi Sulsel.

"Masyarakat diharapkan dapat menjaga dan memelihara keberlangsungan serta keberlanjutan pengelolaan Arsinum ini," pinta Andi Bakti Haruni.

Dalam kunjungan kerjanya, Kepala Dinas Perkimtan Provinsi Sulsel berharap agar program Arsinum dapat berjalan dengan baik dan memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat di wilayah pesisir Sulsel.

Dia juga mengajak seluruh pihak terkait, baik pemerintah daerah maupun kelompok masyarakat, untuk bersinergi dalam menjaga dan mengelola Arsinum dengan baik guna memenuhi kebutuhan air minum yang aman dan terjamin di kawasan tersebut.

Dalam kegiatan tersebut, narasumber utama adalah Agus Rifai selaku Koordinator Arsinum Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), menjelaskan proses flow diagram Teknologi Sea Water Osmosis (SWRO) Arsinum yang telah memenuhi standar baku mutu air minum yang layak dan aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

Kadis Perkimtan Provinsi Sulsel turut didampingi oleh Kabid PSUS, Ishak Amin Rusly, dan Tim Teknis Dinas Perkimtan Provinsi Sulsel.

Hadir pula dalam acara tersebut Kepala Dinas Perkimtan Kabupaten Bulukumba, Munthasir Nawir, Kepala Lingkungan Kalumeme, Abdul Salam, Babinsa, Kamtibmas, warga, serta tokoh masyarakat Kelurahan Kalumeme. ***

  • Bagikan