Lies Nurdin Abdullah Kampanyekan Bahaya Limbah Plastik Bagi Kesehatan dan Lingkungan

  • Bagikan

MAKASSAR, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Ketua Rumah Yoga Sulawesi, Liestiaty Fachruddin Nurdin Abdullah (Lies NA) kampanyekan bahaya limbah plastik bagi kesehatan dan lingkungan sekitar.

Lies NA juga mengajak ibu-ibu budayakan pengunaan tumbler untuk wadah air mineral agar tidak menyumbang jumlah limbah plastik dan tentunya akan membahayakan air dan bumi sekitarnya.

"Saya hari ini memberikan materi bagaimana menekan sampah limbah plastik, dan saya sangat menganjurkan untuk perhatikan dua hal saja," ungkap Ketua Persatuan Wanita Olahraga Indonesia (Perwosi) Sulsel itu usai memberikan materi pada event Yoga Internasional Day dan UMKM Festival, di Jl. Jendral Sudirman Makassar, Minggu 25 Juni 2023.

Pertama, Lies NA mengajak untuk sama-sama bagaimana membawa kemana-mana tumbler, jangan pakai lagi botol plastik.

"Karena satu botol saja yang kita pakai di alam itu baru bisa di hancurkan butuh waktu 200 tahun, bayangkan kita punya peran yang sangat penting, apalagi ibu-ibu bagaimana kita agar jangan menggunakan botol-botol plastik itu," urai Lies NA.

Kedua, bagaimana plastik kresek untuk belanja gunakan tas yang bisa dipakai berulang-ulang, yang bisa kita pakai tahunan, pakai itu saja, simpan di tas, kalau pun kita lupa pakailah dus.

"Saya pakai kotak dus aja deh, itu kalau lupa. Tapi saya sarankan agar selalu ada di dalam tas," harapnya.

Lebih jauh dirinya membandingkan bagaimana Indonesia menjadi penyumbang terbesar kedua di dunia pencemaran limbah plastik.

Padahal, Indonesia pendukungnya 250 juta cukup jauh dari jumlah penduduk China mencapai 2.5 miliar dan terbesar pertama penyumbang limbah plastik di dunia. (fajar)

  • Bagikan