Lapas Bulukumba Komitmen Wujudkan Lapas Transparan, Akuntabel dan Zero Halinar

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Demi mewujudkan manajemen pemerintahan yang efektif transparan berprinsip good governance dan clean governance serta menjunjung tinggi integritas dalam membangun Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bulukumba Kanwil Hukum dan HAM Sulawesi melaksanakan penandatanganan surat pernyataan komitmen, Jumat, 30 Juli 2023.

Kegiatan penandatanganan komitmen ini dilaksanakan di Aula Lapas Bulukumba yang diikuti Pejabat Struktural dan Pejabat Fungsional serta seluruh Pegawai Lapas Bulukumba.

Kegiatan diawali dengan pembacaan pernyataan Komitmen oleh Kasubag Tata Usaha yang merangkap sebagai Ketua Tim Pembangunan Zona Integritas Darwis Syam yang diikuti seluruh peserta yang adapun isi dari pernyataan komitmen tersebut:

  1. Menjadi contoh (role model) dengan membatasi komunikasi dan pertemanan yang negatif dengan narapidana atau mantan narapidana terkhusus dalam kasus narkotika;
  2. Menolak dan tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun dari setiap orang yang berhubungan dengan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi pemasyarakatan;
  3. Mewujudkan satuan kerja pemasyarakatan bersih dari peredaran HP, Pungli dan Narkotika, (HALINAR)
  4. Tidak melakukan tindakan kekerasan dalam bentuk apapun terhadap wargabinaan pemasyarakatan dengan alasan apapun;
  5. Apabila pernyataan komitmen ini tidak dilaksanakan siap menerima sanks sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Setelah pembacaan pernyataan tersebut dilanjutkan dengan Penandatanganan Komitmen oleh Pejabat Struktural yang disaksikan langsung Kalapas Bulukumba.

Kalapas Bulukumba, Mut Zaini menyampaikan dalam sambutannnya bahwa dengan adanya penandatanganan komitmen bersama, ini akan menjadi catatan untuk kita semua dan tentu saja dapat menjadikan Lapas Bulukumba Zero Halinar atau Tidak terjadi peredaran handphone, pungutan liar, serta narkoba dan gratifikasi.

Ditempat terpisah Kepala Divisi Suprapto menambahkan karena Lapas Bulukumba salah satu lapas yang diusul memperoleh predikat WBK tentunya sangat mensupport dan mendukung kemitmen tersebut agar tidak terjadi pungli maupun gratifikasi. (*)

  • Bagikan