Usai Liburan Lebaran Stok Darah Menipis di ITDRS Bulukumba

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pasca libur lebaran stok darah menipis Instalasi Transfusi Darah Rumah Sakit (ITDRS) H.A. Sulthan Daeng Radja Kabupaten Bulukumba. Pasalnya jumlah pendonor selama libur Lebaran menurun.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun HUMAS RSUD Bulukumba Maksum Tantu, SKM. M. Tr.Adm.Kes Senin 3 Juli 2023 ini jumlah stok golongan darah A sebanyak 0 kantong, golongan darah B sebanyak 2 kantong. Selanjutnya, golongan darah AB sebanyak 0 kantong, dan golongan darah O sebanyak 0 kantong.

"Jumlah stok darah saat ini 2 kantong darah,"ujar petugas tekhnis ITDRS RSUD Bulukumba, Sri Ayuba, Senin 3 Juli 2023.

Sedangkan, kebutuhan stok darah di ITDRS perbulan mencapai 300 hingga 400 kantong dari berbagai golongan, guna menyuplai beberapa fasilitas kesehatan di Bulukumba. ungkapnya.

Menurutnya, penurunan jumlah pendonor terjadi mulai sejak Bulan lalu, Diperkirakan, banyak warga yang menunda untuk mendonorkan darahnya karena sejumlah faktor.

"Padahal permintaan darah terus ada dan semakin meningkat, sedangkan pendonor yang datang sedikit,"tandasnya.

Apalagi, hingga saat ini belum ada kelompok masyarakat atau Instansi Pemerintah/Swasta yang mengadakan kegiatan donor darah. Meskipun demikian kami terus melakukan berbagai upaya dengan mengajak warga untuk mendonorkan darahnya melalui baik media sosial,KSR PMI STAI Al-Gazali maupun ke para relawan donor darah Bulukumba

"Ya kalau sampai tidak ada relawan donor atau kosong, kita arahkan keluarga pasien untuk mendonorkan darahnya. Jika masih kurang, disarankan untuk mengambil ke daerah terdekat seperti di ITDRS Kabupaten Bantaeng,"terangnya.

Darmiati yang merupakan pendonor sukarela dengan golongan darah A mendonor yang ke empat kalinya hari mengungkapkan bahwa saya datang donor setelah melihat postingan banyak hari ini yang membutuhkan darah.

"Semoga hari Ini lolosji kasian ada yang butuh golongan darah A 4 kantong,"tuturnya. (ADV)

  • Bagikan