Tanam 500 Pohon Buah, Kejari Bulukumba Dukung Program Prioritas Nasional

  • Bagikan
Cahyadi Sabri saat menanam pohon di Dusun Bontonyeleng, Desa Bukit Harapan, Kamis, 13 Juli 2023

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID --Kejaksaan Negeri (Kejari) Bulukumba menggelar penanaman 500 bibit buah di tiga lokasi di Kabupaten Bulukumba, Rabu, 12 Juli 2023.

Penanaman bibit itu merupakan dalam rangka menyambut hari Bhakti Adhyaksa ke-63 dan hari ulang tahun Ikatan Adhyaksa Dharmakarini ke-23 tahun 2023.

Penanaman bibit ini digelar secara serentak oleh masing-masing Kejari di seluruh kabupaten/kota di Sulawesi Selatan. Sebanyak 12.500 bibit buah yang ditanam di 63 lokasi di Sulawesi Selatan termasuk di Kabupaten Bulukumba.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bulukumba, Cahyadi Sabri, mengungkapkan bahwa untuk di Kabupaten Bulukumba sendiri terdapat 500 pohon buah berbagai jenis yang ditanam di tiga lokasi.

"Ada penanaman di Kampus Stikes Panrita Husada di Desa Taccorong, di Desa Bukit Harapan, dan di Desa Oragading," papar Cahyadi saat ditemui setelah penanaman bibit di Desa Bukit Harapan.

Cahyadi mengungkapkan kegiatan penanaman bibit ini sebagai salah satu upaya Kejaksaan untuk turut berkontribusi dalam program prioritas nasional yakni upaya pencegahan kerusakan lingkungan, pencegahan bencana, dan dampak perubahan iklim.

"Jadi penanaman bibit ini khusus dilakukan oleh Kejaksaan di Sulsel, olehnya kami mengangkat tema dari Sulsel untuk Indonesia," ungkapnya.

Cahyadi berharap agar kegiatan itu dapat bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan, serta ke depannya dapat membantu perekonomian di Kabupaten Bulukumba.

Cahyadi mengungkapkan bibit produktif yang ditanam tersebut diperoleh dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Saya ucapkan terimakasih kepada DLHK yang telah menyiapkan bibit, seta kepada masyarakat yang menyiapkan lahannya," ucapnya.

Berdasarkan pantauan RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID di lokasi tempat penanaman bibit di Desa Bukit Harapan, Kecamatan Gantarang, penanaman bibit dimulai pada pukul 14.30 WITA.

Untuk di Desa Bukit Harapan tepatnya di Dusun Bontonyeleng diberikan sebanyak 180 bibit buah-buahan yang ditanam di lahan milik Abdul Rahman warga setempat.

"Bermacam-macam bibit, ada durian, mangga, pala, dan sukun. Tapi yang paling banyak itu bibit durian," kata Abdul Rahman.

Sementara itu, Kepala Desa Bukit Harapan, Asbar, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kejari Bulukumba yang menjadikan desanya sebagai lokasi penanaman bibit.

"Tentu kami sangat bersyukur. Apalagi penanaman bibit ini juga sesuai dengan program kami di desa yakni program ketahanan pangan dan rehabilitasi lingkungan," kata Asbar.

Dalam kegiatan tersebut juga turut hadir Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Bulukumba, Muh. Salman.

Salman memuji kegiatan yang digelar oleh Kejaksaan Negeri Bulukumba. "Tentu kegiatan ini sangat bermanfaat, bukan hanya bagi masyarakat tapi juga bagi lingkungan," ujarnya.

Menurut Salman, kegiatan yang digelar oleh Kejari ini sebagai upaya merehabilitasi lingkungan dan menekan laju deforestasi.

"Harapannya dengan kegiatan ini tidak hanya dapat meningkatkan produktifitas lahan kita, tetapi juga sebagai upaya merehabilitasi lahan kita yang tandus," imbuhnya. ***

  • Bagikan