Dalam Seminggu, Tiga Penghargaan Diraih TP PKK Kabupaten Bulukumba

  • Bagikan
Ketua TP PKK Provinsi Suksel Naoemi Octarina memberikan penghargaan kepada Ketua TP PKK Bulukumba Andi Herfida Muchtar.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Tim Penggerak PKK Kabupaten Bulukumba panen piala dan penghargaan dalam seminggu terakhir ini. Ketua TP PKK Bulukumba , Andi Herfida Muchtar, bahkan dinobatkan sebagai Tokoh Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga tingkat Provinsi Sulsel karena sukses menggerakkan warga dalam memanfaatkan lahan pekarangan agar lebih produktif pasca pandemi Covid 19..

TP PKK Bulukumba kini menjelma menjadi organisasi yang lebih inovatif, kreatif, produktif, dan akseleratif dalam berbagai bidang. Melampaui daerah-daerah lain yang ada di Sulawesi Selatan.

Dalam sepekan terakhir ini tercatat ada tiga penghargaan yang diterima TP PKK Bulukumba. Pertama, Juara 1 Lomba Festival Pangan Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Kategori Kudapan Tingkat Provinsi Sulsel, Juara 1 Lomba Menu Serba Ikan Kategori Kudapan tingkat Provinsi Sulsel, dan Juara 3 Lomba Hatinya PKK Kategori Pamanfaatan Lahan Pekarangan.

Selama beberapa bulan setelah dilantik menjadi ketua PKK, Istri Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf ini memang aktif bergerak di masyarakat. Andi Herfida Muchtar tak lelah melakukan berbagai terobosan melalui strategi pendekatan kepada ibu-ibu di akar rumput. Dengan manajemen kepemimpinan yang diterapkan itu, PKK Kabupaten Bulukumba kini menjelma menjadi organisasi yang betul-betul memberi warna tidak saja bagi PKK secara internal tapi secara lebih nyata bagi kehidupan masyarakat khususnya kaum perempuan.

Sosok Herfida di mata pengurus PKK dan warga Bulukumba bukan hanya seorang pejabat. Ia adalah ibu bagi anak-anak di Bulukumba juga penggerak berbagai aktivitas yang kini menjadi program kerja PKK dan Dekranasda.

Sebelum menjadi ketua TP PKK Bulukumba, Andi Herfida mengaku sudah terbiasa bekerja bersama ibu-ibu PKK di Makassar. Sebab ia adalah Kepala Dinas Kebudayaan Kota Makassar. Awalnya ia hanya ingin berkonsentrasi pada organisasi Dekranasda Bulukumba. Tapi karena secara ex officio sebagai isteri bupati ia juga harus menjabat sebagai Ketua PKK maka jabatan tersebut pun diterima.

Dorongan sang suami yang juga Bupati Bulukumba menurutunya sangat penting dan memberi semangat. Tal heran, setelah sukses menghadirkan Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Kabupaten Bulukumba, sebagai organisasi yang berhasil membawa segudang prestasi tidak hanya level Sulawesi Selatan tapi juga di level Nasional, kini ia berjaya membawa nama PKK Bulukumba berkibar di tingkat regional.

Di bawah sentuhan tangan dingin Andi Herfida, kiprah PKK pun semakin menggeliat. "Insya Allah asal ibu-ibunya kompak, selalu bekerjasama dan bekerja tim dengan baik, semua tantangan bisa kita lewati bersama. Dan saya memang senantiasa menekankan bahwa program kerja PKK itu harus terimplementasikan mulai dari lingkungan terkecil kita yakni keluarga. Dan juga harapannya ke depan ada support yang lebih besar lagi dari OPD-OPD yang memang terkait dengan program kami," jelas Andi Herfida. (nad)

  • Bagikan