Tiba di Kawasan Adat Kajang, Tito Karnavian Diberi Gelar Adat oleh Ammatoa

  • Bagikan
Tito Karnavian bersama rombongan saat berjalan menuju rumah adat yang terletak di dalam Kawasan Adat Kajang, Jumat, 11 Juli 2023 (MAD/RADAR SELATAN)

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian tiba kawasan Adat Ammatoa Kajang, Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan pada Jumat, 11 Agustus 2023.

Kunjungan Tito Karnavian di kawasan Adat Kajang sebagai salah satu rangkaian agenda puncak Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera.

Setibanya di gerbang kawasan adat, Tito Karnavian disambut dengan pemasangan pakaian khas adat Kajang yakni Passapu Lelleng (Ikat kepala hitam) dan Lipa Lelleng (Sarung Hitam, red) sebagai pakaian khas adat kajang.

Tito yang didampingi oleh Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf serta rombongan kemudian berjalan kaki menuju rumah adat Ammatoa yang berada dalam kawasan.

Di rumah adat itu Tito telah ditunggu oleh Ammatoa (sebutan kepala Suku Kajang) bersama petinggi adat Kajang lainnya untuk diberikan gelar kehormatan.

Seperti tamu-tamu penting sebelumnya, Tito diberi nama Kajang oleh adat sebagai bentuk penghormatan. Tetapi hingga berita ini ditulis belum diketahui siapa nama adat yang diberikan.

Diketahui, kunjungan Tito Karnavian bersama rombongan ke kawasan Adat Ammatoa Kajang sebagai salah satu agenda dalam kegiatan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera.

Selanjutnya, Tito akan berkunjung ke pusat pembuatan Kapal Pinisi di Kecamatan Bontobahari. Dan pada sore harinya Tito akan membuka Puncak Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera di Lapangan Hitam, Bira, Bulukumba. (BASO MAREWA)

  • Bagikan