Kalapas Bulukumba Teken MoU dengan Unismuh Bulukumba dan UMSI

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bulukumba, Mut Zaini menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Bulukumba dan Universitas Muhammadiyah Sinjai (UMSI), Senin, 18 September 2023.

Penandatanganan MoU ini bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan dan pelatihan di dalam Lapas serta mendorong peningkatan kompetensi SDM melalui pendidikan bagi para pegawai.

Dalam acara yang dihadiri oleh Dr. Umar Congge, CRMPA (Rektor Unismuh Sinjai), Jumasse Basra (Rektor Unismuh Bulukumba), Andi Jefrianto Asapa (Sekda Kab. Sinjai), Kepala KPPN Sinjai dan Pimpinan PT. Pegadaian Cabang Sinjai yang berlangsung di Gedung Pertemuan Kabupaten Sinjai.

Mutzaini menyatakan pentingnya kerja sama ini dalam upaya memberikan pemahaman, keterampilan dan peluang pendidikan kepada narapidana dan peningkatan kompetensi SDM bagi para pegawai yang berada di Lapas Kelas IIA Bulukumba

"Kerja sama ini akan membantu kami untuk memberikan pelatihan yang bermanfaat kepada narapidana, sehingga mereka dapat memiliki keterampilan yang berguna setelah bebas nanti. Ini juga merupakan salah satu langkah dalam rehabilitasi narapidana dan persiapan mereka untuk kembali ke masyarakat," ucap Mutzaini.

Unismuh Bulukumba dan Unismuh Sinjai akan menyediakan tenaga pengajar dan materi pembelajaran bagi narapidana dalam berbagai bidang, termasuk keterampilan teknis, kewirausahaan dan pendidikan agama. 

Selain itu, mereka juga akan memberikan akses bagi Pegawai Lapas Bulukumba yang ingin melanjutkan pendidikan formal.

Dr. Umar Congge dan Jumasse Basra berkomitmen mendukung program ini dengan memberikan pendidikan berkualitas kepada narapidana dan juga bagi para pegawai untuk meningkatkan kompetensinya. 

"Kami percaya bahwa pendidikan adalah kunci untuk membangun masa depan yang lebih baik," ujar Jumasse Basra.

Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan dampak positif tidak hanya bagi narapidana, tetapi juga bagi masyarakat dan lingkungan sekitar Lapas Kelas IIA Bulukumba. Dengan adanya pelatihan dan pendidikan, diharapkan narapidana dapat lebih siap untuk menghadapi tantangan setelah mereka bebas.

Penandatanganan MoU ini diakhiri dengan semangat kebersamaan dan harapan bahwa kerja sama ini akan berjalan lancar dan memberikan manfaat yang besar bagi semua pihak yang terlibat. (**)

  • Bagikan