Tingkatkan Kapasitas, Pemdes Manjalling Bimtek Kader BKB

  • Bagikan
Pelatihan kader BKB di Desa Manjalling, Kecamatan Ujungloe.

UJUNGLOE,RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Desa Manjalling, Kecamatan Ujungloe, melaksanaan bimbingan teknis bagi kader Bina Keluarga Balita (BKB). Kegiatan yang berlangsung di kantor desa setempat, Jumat 15 September lalu ini, diikuti 15 kader BKB.

Kepala Desa Manjalling, Mukrimin mengatakan, bimbingan teknis ini diharapkan meningkatkan pemahaman dan motivasi kader dalam peningkatan kualitas kesehatan balita. Kader diminta lebih proaktif mengedukasi masyarakat khusunya orang tua yang memiliki balita.  

Kader, lanjut Mukrimin, harus meng-up date pengetahuan tentang kesehatan ibu dan bayi. Hal ini diperlukan agar pengetahuan dan pemahaman kader juga mengikuti perkembangan informasi dan ilmu kesehatan.

"Seperti tumbuh kembang balita, kelainan balita, serta pembinaan lainnya yang dapat dilakukan, termasuk pola asuh anak yang benar," katanya, Senin 18 September 2023.

Keberadaan kader BKB di desa, lanjut Mukrimin, sangat penting dalam menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di desa. Mereka merupakan ujung tombak yang bekerja secara suka rela membina dan mengedukasi orang tua balita tentang mengasuh anak secara baik dan benar.

Selain itu, kader BKB juga secara tidak langsung terlibat dalam upaya pencegahan stunting. Karena itulah, kata Mukrimin, Pemerintah Desa Manjalling berharap kader BKB bisa lebih proaktif dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.

"Kader ini kan dari masyarakat juga, jadi mereka lebih dekat dan lebih paham dengan persoalan dan kebutuhan masyarakat. Program BKB ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas hidup balita dalam jangka panjang," tambahnya. (*).

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Suparman
  • Bagikan