Perbedaan Quilt Cover dan Duvet, Jangan Sampai Salah Pilih!

  • Bagikan

Sumber: https://pixabay.com/id/photos/kamar-tidur-selimut-tempat-tidur-558987/

Ada beberapa jenis selimut yang biasanya dijual di toko seprei, namun tidak banyak orang paham terkait jenis-jenisnya. Mulai dari bed cover, quilt cover dan duvet adalah jenis selimut yang berbeda dan memiliki kriteria masing-masing.

Meskipun ada berbagai jenis selimut yang beredar di pasaran, namun istilah quilt, bed cover, atau duvet masih terdengar asing. Pasalnya, masyarakat di negara beriklim tropis seperti Indonesia lebih sering menggunakan satu jenis selimut saja.

Perbedaan Quilt Cover dan Duvet

Sebenarnya Anda sering menjumpai berbagai jenis selimut yang biasanya terletak di atas tempat tidur, mulai selimut tebal hingga sarung bantal. Namun, alangkah baiknya jika Anda mengetahui perbedaan antara quilt dan duvet agar tidak salah menyebutnya.

1. Apa itu Quilt Cover?

Tidak jarang banyak yang salah saat menyebut quilt atau duvet, quilt cover merupakan sarung dari isian quilt. Ada beberapa kelebihan dari quilt cover sekaligus jadi pembeda dengan jenis selimut lainnya sebagai berikut:

  1. Sebenarnya antara quilt cover dengan berbagai jenis selimut lainnya tentu sangat berbeda sehingga tidak perlu bingung. Dari segi ketebalan, biasanya quilt cover atau duvet cover ini terbuat dari bahan yang tidak terlalu tebal.
  2. Kelebihan lainnya pada quilt cover adalah dari segi bahan, sarung duvet ini bisa terbuat dari berbagai macam bahan sehingga lebih fleksibel. Akan tetapi, bahan yang digunakan biasanya sama seperti bahan bed cover dan menyesuaikan motif sprei atau sarung bantal.
  3. Mungkin jika melihat sekilas, Anda mengira quilt cover dan duvet merupakan jenis dan memiliki fungsi yang sama. Tentu hal tersebut salah, quilt berfungsi pada bagian luar untuk melindungi inner quilt atau isian quilt dari kotoran.
  4. Sebagai sarung atau pelindung isi quilt, tentu ukuran quilt cover harus menyesuaikan isi agar terpasang secara sempurna. Biasanya sarung ini memiliki pelengkap, seperti tali, resleting, atau kancing untuk menutup sarung.

2. Apa itu duvet?

Apa itu duvet? Duvet merupakan bentuk paling sederhana dari bed cover yang memiliki sebutan lain sebagai inner quilt. Akan tetapi, cover dari inner quilt ini biasanya berwarna putih sehingga berbeda dengan sarung, serta ada beberapa perbedaan lainnya.

  1. Meskipun hampir sama dengan bed cover dan bentuknya seperti quilt cover, namun inner quilt memiliki berat 3 sampai 9 oz. Pengukuran berat biasanya berdasar pada isian selimut atau inner quilt itu sendiri.
  2. Bahan dasar inner quilt juga berbeda dengan quilt cover karena tidak memiliki motif warna-warni. Pasalnya, inner quilt menggunakan bahan berupa silikon polos atau dakron yang terbungkus dengan kantong berwarna putih polos.
  3. Biasanya duvet berada di atas tempat tidur dan sepasang dengan quilt cover sebagai pelindung luar agar tidak terkena debu. Fungsi dari duvet sendiri berbeda dengan quilt karena bisa berguna untuk menghangatkan tubuh Anda.
  4. Mungkin sekilas semua jenis selimut termasuk duvet dan quilt cover hampir sama sehingga bingung saat membedakanya. Namun sebenarnya, ukuran inner quilt ini lebih lebar dari kasur

Bingung mau beli quilt cover berkualitas di mana? Anda bisa membeli secara online melalui platform belanja Blibli. Blibli sebagai platform belanja online terbesar menyediakan berbagai produk lengkap yang berkualitas dengan harga terjangkau.

Demikian sekilas ulasan terkait perbedaan antara quilt cover dan duvet yang sering tertukar penyebutannya. Dengan mengetahui perbedaan tersebut tentu Nada tidak perlu bingung lagi memilih jenis selimut sesuai kebutuhan. (adv)

  • Bagikan