RSUD Bulukumba Ajak Ibu Tetap Berikan ASI Eksklusif Walau Sudah Masuk Kerja

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Menyusui merupakan salah satu pengalaman paling indah yang dialami ibu dan bayi. Sayangnya tidak semua ibu menyadari akan pentingnya menyusui bayinya. Air Susu Ibu (ASI) diciptakan oleh Tuhan dengan segala kelebihannya.

ASI mengandung semua nutrisi penting yang diperlukan bayi untuk tumbuh kembangnya, disamping itu juga mengandung antibodi yang akan membantu bayi membangun sistem kekebalan tubuh dalam masa pertumbuhannya. Menyusui juga dapat menciptakan ikatan psikologis dan kasih sayang yang kuat antara ibu dan bayi

Dalam era globalisasi banyak ibu yang bekerja, keadaan ini sering menjadi alasan bagi ibu untuk memberikan ASI eksklusif kepada bayinya.

Agar ibu yang bekerja juga dapat memberikan ASI eksklusif kepada bayinya RSUD H. Andi Sulthan Dg Radja Bulukumba memberikan pengetahuan dan cara pemberian ASI yang benar melalui sosialisasi dengan tema "Tetap Berikan ASI Walau Ibu Kembali Bekerja" bertempat di ruang tunggu Poliklinik Anak, Rabu 27 September 2023.

Sosialisasi tersebut digelar dalam rangka memenuhi tugas implementasi aksi perubahan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) dr. Rismayanti Waris,M.Kes.Sp.GK wadir  Pelayanan Medik Penunjang Medik dan Keperawatan RSUD H.A.Sulthan Dg Radja Bulukumba dengan menyusun tema "Implementasi Sistem Manajemen Laktasi Terintegrasi RSUD H.Andi Sulthan Dg Radja Bulukumba (SI MELATI)

Dalam kesempatan tersebut dr. Rismayanti selaku Projek Leader dan dokter Spesialis Anak dr.Yustin Andriani selaku pemateri menyampaikan penjelasan tentang manfaat bemberi ASI Eksklusif bagi bayi.

"ASI sangat penting dalam proses tumbuh kembang anak, sehingga edukasi kepada ibu menyusui harus di berikan secara lengkap kemudian memberikan dukungan dari lingkungan sekitar agar proses pemberian ASI eksklusif bisa lancar walaupun sedang bekerja," ujarnya.

dr. Rismayanti berharap bagi ibu yang sedang menyusui dan juga sebagai ibu bekerja jagan pernah menyerah memberikan ASI eksklusif minimal 6 bulan untuk tumbuh kembang anak yang optimal.

"Upaya untuk percepatan penurunan stunting salah satunya pemberian ASI di 6 bulan pertama pasca kelahiran atau ASI Eksklusif, maka dari itu untuk Ibu menyusui baik pekerja atau ibu rumah tangga jagan sampai melewatkan waktu tersebut karena banyak manfaat yang akan di dapat oleh balita maupun ibunya sendiri," tutupnya. (sum/man/***)

  • Bagikan