TP PKK Bulukumba Studi Tiru Pengolahan Hasil Perikanan di Desa Pitue Kabupaten Pangkep

  • Bagikan
Sekretaris TP PKK Kabupaten Bulukumba Hj. Hamrina A. Muri saat menyampaikan sambutan.

PANGKEP, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Tim Penggerak PKK Kabupaten Bulukumba melakukan Studi Tiru di Desa Pitue, Kecamatan Ma'rang Kabupaten Pangkep, Jumat 29 September 2023. Kedatangan rombongan TP PKK Bulukumba diterima langsung Kepala Desa Kabupaten Pangkep Muhammad Nasrul, Sekretaris Dinas PMD Pangkep serta pengurus PKK kecamatan dan desa.

Kepala Desa Pitue mengatakan bangga dan berterima kasih atas kehadiran rombongan TP PKK Bulukumba yang dipimpin Sekretaris TP PKK Hj. Hamrina A. Muri.

Nasrul saat memberikan sambutan menyampaikan sejumlah program unggulan PKK di desanya. Termasuk program Gelari Pelangi yang mendapat penghargaan terbaik di Provinsi Sulsel. Dijelaskan Nasrul, Gelari Pelangi merupakan program TP PKK pusat yang dijalankan seluruh PKK hingga tingkat desa.

"Ada enam gerakan yang dijalankan dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan dan pengelolaan ekonomi. Diantaranya Rumah Dilan (Pendidikan dan Keterampilan), UP2K Center, Bumi PKK, perpustakaan desa, kampung Ketapang Mandiri dan Koperasi Tari Nelayan," ujarnya.

Khusus UP2K Center merupakan pusat pengelolaan hasil perikanan yang bernilai ekonomi. Di sini semua produk unggulan desa diproduksi dan dibranding. "Khusus tim di UP2K kami tidak bebani dengan hal lain seperti pemasaran. Mereka khusus memproduksi. Bagian pemasaran dilakukan oleh tim pemasaran," ujarnya.

Tidak heran Desa Pitue mampu menghadirkan toko oleh-oleh sendiri yang mampu meningkatkan ekonomi warga desa.

Narul juga menyebutkan sejak ia menjabat sebagai Kepala Desa, sudah banyak yang hadir di desanya untuk melihat langsung proses kreatif di Desa Pitue.

"Ada yang datang dari Gorontalo, Kalimantan, Sidoarjo dll. Umumnya mereka ingin melihat langsung pengolahan hasil perikanan di UP2K Senter Desa Pitue," terangnya.

Sementara Hamrina menjelaskan, pihaknya memilih Desa Pitue karena salah satu desa di Kabupaten Pangkep tersebut mendulang banyak prestasi di Hari Kesatuan Gerak PKK baik tingkat provinsi maupun nasional.

Hamrina mengatakan, kepengurusan TP PKK saat ini masih terbilang baru tapi semuanya punya semangat yang besar. "Kami butuh banyak ilmu. Kami ke sini memang untuk belajar dari keberhasilan Desa Pitue," ujarnya.

Hamrina juga menyampaikan rasa terima kasih karena TP PKK Bulukumba disambut dengan ramah dan penuh kekeluargaan. (nad)

  • Bagikan