Ponpes Babul Khaer Miliki Bank Sampah

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID --  Pondok Pesantren (Ponpes) Babul Khaer Kabupaten Bulukumba, menghadirkan Bank Sampah. Program ini berkerjasama dengan OSIS dan OSKAB (Organisasi intra yang ada di Pesantren Babul Khaer).

Ketua OSKAB Santriwati, Yuke menjelaskan, dalam program ini santri diajak untuk mampu memilah sampah yang bernilai ekonomis.  Kemudian disetorkan melalui Bank Sampah.

"Teman-teman bisa mengumpulkan sampah seperti botol minuman plastik dan lainnya yang bernilai ekonomis. Sehingga teman-teman selain dapat uang jajan tambahan juga bisa masuk ke kas OSIS dan OSKAB untuk bisa dipergunakan jika ada kegiatan di pondok," ujarnya.

Pengasuh santriwati, Arifatul Hikmah menjelaskan, keberadaan Bank Sampah bisa meminimalisir meningkatnya volume sampah di aeal pondok. Bahkan, kedepan akan memberdayakan santri untuk lebih inovatif dan kreatif memanfaatkan sampah yang bernilai ekonomis menjadi barang yang bernilai tinggi.

"Kedepannya santri melalui sampah yang ekonomis bisa dibuat tas atau bentuk kerajinan lainnya. Tetapi itu butuh kreativitas, kepedulian, ketekunan yang serius sehingga kami secara bertahap akan melakukan upaya-upaya tersebut," tandasnya. (Sum/man/*)

Penulis: SumarniEditor: Suparman
  • Bagikan