SMPN 17 Bulukumba Luncurkan Ekskul Jurnalistik

  • Bagikan
Launcing ekskul jurnalistik sekaligus pelatihan jurnalistik oleh SMPN 17 Bulukumba

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- SMP Negeri 17 Bulukumba menggelar peluncuran ekskul jurnalistik yang diberi nama "Concrate-17". Acara berlangsung meriah di ruang kelas SMPN 17 Bulukumba, Desa Salassae, Kecamatan Bulukumba, Kabupaten Bulukumba pada Selasa, 10 Oktober 2023.

Peluncuran ekskul jurnalistik ini diawali dengan sesi pelatihan jurnalistik yang menampilkan seorang pemateri jurnalis profesional dari Harian RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID, Baso Marewa.

Ewa, sapaan akrab Baso Marewa, memberikan materi yang mencakup aspek-aspek penting dalam menulis karya jurnalistik, termasuk nilai berita, unsur-unsur berita, struktur, dan lainnya.

Setelah pelatihan, kepala sekolah SMPN 17 Bulukumba, Dr. Kasmawati Zaihal, secara resmi meluncurkan program ekskul jurnalistik yang diberi nama "Concrate-17". Program ini singkatan dari "Content Creator SMPN 17".

Dalam sambutannya, Dr. Kasmawati berharap agar ekskul jurnalistik dapat menghasilkan produk jurnalistik di SMPN 17 Bulukumba.

"Kita akan menggandeng media profesional untuk melatih atau membina Concrate-17, semoga ke depannya kita bisa menghasilkan buletin dari ekskul ini," ujarnya.

Desi, salah satu guru yang dipercayakan sebagai pembina ekskul, menjelaskan bahwa Concrate-17 akan fokus pada pembuatan konten berdasarkan prinsip-prinsip jurnalistik.

"Maksudnya, ke depan Concrate-17 akan menciptakan beragam jenis konten, baik dalam bentuk video maupun tulisan, yang akan dipublikasikan di media sosial dengan tetap mengikuti standar jurnalistik," kata Desi.

Selain berfokus pada pendidikan, ekskul ini juga akan menciptakan konten hiburan dan inspiratif.

Sudah ada sekitar 15 orang siswa yang tergabung dalam program ekskul tersebut.

Harapannya, Concrate-17 dapat memberikan kontribusi positif dalam menyebarkan informasi yang berkualitas kepada masyarakat melalui media sosial. ***

  • Bagikan