MTsN 2 Bulukumba Siap Implementasikan Madrasah Digital

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- MTsN 2 Bulukumba siap melaksanakan implementasi Madrasah Digital. Saat ini pihak madrasah telah menyusun Rencana Jangka Pendek sebagai persiapan.

Kepala MTsN 2 Kabupaten Bulukumba, Sabil mengatakan program tersebut sebagai tindak lanjut program Kementerian Agama RI Tentang Moderasi Beragama dan Layanan Digital di Madrasah. Dijelaskan madrasah smart digital adalah madrasah yang menyelenggarakan pengelolaan pendidikan menggunakan aplikasi digital. 

Dalam konteks tersebut, kata Sabil, perangkat digital bukanlah tujuan utama, melainkan alat bantu penunjang efektifitas dan efisiensi. Pihaknya telah membentuk tim work terdiri dari 11 orang yang akan menyusun langkah-langkah percepatan implementasi madrasah digital.

"Kami membuat rencana jangka pendek dalam melaksanakan program tersebut, salah satunya adalah pengadaan kelas digital serta digital moving classroom," ungkapnya, Selasa 10 Oktober 2023.

Menurut Sabil, rencana pelaksanaan program akan diterapkan pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Sebagai langkah awal, kelas digital direncanakan akan diadakan pada tiga tingkatan masing masing satu kelas dalam satu tingkatan yaitu dengan rincian sebagai berikut, Kelas VII.5, VIII.1 dan Kelas IX.7.

Sabil menambahkan, untuk persiapan kelas digital, akan dilakukan penerapan tata tertib dan pengadaan perangkat digital. Terutama jaringan internet (WiFi), CCTV, dan perangkat pendukung lainnya seperti instalasi listrik.

"Kami berharap agar semua guru pada kelas yang ditunjuk harus menyiapkan media atau bahan ajar secara digital, pengadaan absensi peserta didik secara digital, pengadaan jurnal kelas secara digital, serta perangkat pembelajaran guru yang akan disimpan dalam Aplikasi Active Directory," tutupnya.(**)

Penulis: SumarniEditor: Suparman
  • Bagikan