SMKN 1 Bulukumba Sosialisasi SMK Pusat Keunggulan Reguler

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- SMK Negeri 1 Kabupaten Bulukumba, melaksanakan sosialisasi Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK-PK) Reguler Tahun 2023. Kegiatan tersebut melibatkan seluruh tenaga pendidik dan kependidikan di Aula Sekolah, Kamis 19 Oktober 2023.

Kepala SMKN 1 Bulukumba, Andi Hamran mengaku bersyukur sekolahnya ditetapkan sebagai SMK Pusat Keunggulan dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Pendidikan Tinggi. Hal ini perlu disosialisasikan kepada warga sekolah baik pendidik serta tenaga kependidikan.

'SMK Pusat keunggulan adalah SMK yang tunjuk untuk menjadi sekolah keunggulan dalam bidang tertentu. Kalau SMK 1 Bulukumba itu  SMK Pusat Keunggulan di program keahlian Tata Busana," ujarnya.

Lebih lanjut Hamran menjelaskan,  SMK Pusat Keunggulan bertujuan  menghasilkan lulusan yang siap terserap di dunia kerja. Selain itu  menjadi wirausaha melalui keselarasan pendidikan vokasi yang mendalam dan menyeluruh.

"Program ini berfokus pada pengembangan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu dalam peningkatan kualitas dan kinerja. Diperkuat dengan kemitraan dan penyelarasan dengan dunia kerja," tambahnya.

Fokus utama SMK Pusat Keuggulan, di antaranya penguatan kapasitas SDM, pembelajaran kompetensi siap kerja dan berkarakter. Penguatan kualitas dan kegunaan sarana dan prasarana, manajemen sekolah berbasis data, dan pendampingan oleh perguruan tinggi.

"Kami berharap melalui kegiatan ini mudah mudahan bisa menjadi SMK yang unggul, terbaik, dan medapatkan ulusan terbaik dan unggul serta alumni yang siap kerja," harapnya.(**)

Penulis: SumarniEditor: Suparman
  • Bagikan