Tari Kajang Bulukumba Warnai Perayaan Hari Jadi Sulsel ke-354

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf didampingi Ketua TP-PKK Bulukumba Hj. Andi Herfida Muchtar menghadiri seremoni pembukaan Hari Jadi Sulawesi Selatan ke 354 tahun 2023. Seremoni pembukaan itu, digelar di Anjungan Pantai Losari, Kota Makassar, Rabu malam, 18 Oktober 2023.

Pembukaan Hari Jadi Sulsel tahun ini, juga diwarnai dengan penampilan budaya Tari Kajang binaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bulukumba.

Selain Tari Kajang, penampilan budaya lainnya yaitu Tari Pangadakkang (Sanggar Patonro Disbudpar Provinsi Sulsel), serta Tari Majeppeng (Disdikbud Kota Parepare).

Kepala Seksi Kesenian Disdikbud Bulukumba, A.Mirza Milanie menyampaikan bahwa ada dua Tari Kajang yang ditampilkan pada pembukaan HUT Sulsel 2023, yaitu tari Topi Le'leng dan tari Pabbitte Passapu.

"Disbudpar Provinsi Sulsel yang meminta kami khususnya bidang kebudayaan untuk turut berpartisipasi di pembukaan Hari Jadi Sulsel," katanya, Kamis, 19 Oktober 2023.

Olehnya, pihaknya memboyong Sanggar Seni Toriolo Kajang untuk berpartisipasi ambil bagian pada perayaan HUT Sulsel 2023.

"Peserta tari berjumlah 26 orang dengan pendamping 2 orang. Adik-adik sanggar ke Makassar pada Selasa sore," jelas Mirza Milanie.

Sementara itu, Kabid Humas Diskominfo Bulukumba Andi Ayatullah Ahmad menyampaikan bahwa tari asal Kajang ini sudah sering ditampilkan di Makassar, baik kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Makassar maupun Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

"Artinya tarian budaya asal Kabupaten Bulukumba diakui eksistensinya karena selalu diperhitungkan untuk ditampilkan pada kegiatan di Makassar," ungkap Andi Ullah sapaan akrabnya.

Diketahui dalam peringatan Hari Jadi Sulsel tahun ini, panitia pelaksana juga menggelar Pameran yang menampilkan stand dari 24 kabupaten kota yang dipusatkan di Anjungan Pantai Losari.(rls)

  • Bagikan