Bawaslu Bulukumba Gencarkan Pengawasan Partisipatif Jelang Pemilu 2024

  • Bagikan
Kegiatan pengawasan partisipatif kepada masyarakat, oleh Bawaslu Kabupaten Bulukumba.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Jelang Pemilu 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaen Bulukumba, terus melaksanakan sosialisasi dalam mengawasi Pemilu 2024 mendatang, Sabtu 21 Oktober 2023.

Kegiatan sosialisasi ini, merupakan langkah-langkah persiapan untuk menyambut pesta demokrasi lima tahunan, demi mewujudkan demokrasi yang aman dan bersih.

Pelaksanaan kegaitan sosialisasi pengawasan partispatif Pemilu kepada masyarakat, mengusung tema: Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu.

Ketua Bawaslu Bulukumba, Bakri Abubakar mengatakan bahwa dengan keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM), yang dimiliki oleh Bawaslu, perlunya partisipasi masyarakat dalam mengawasi proses Pemilu.

"Proses pemilu 2024 ini, harus dipastikan berjalan sesuai dengan peraturan perundang-undangan, sehingga dapat menghasilkan pemilu yang berkualitas, juga menghasilkan pemimpin yang berkualitas. Kami di Bawaslu terbatas dengan SDM, jadi pentingnya pengawasan partispatif dari masyarakat," ucapnya.

Kegiatan ini, juga menghadirkan narasumber mantan Ketua KPU Sulsel periode 2013-2018 Muh. Ikbal Latif dan Abdul Rahman anggota Bawaslu Bulukumba 2018-2023.

Dalam materinya, Muh. Ikbal Latif menyampaikan bahwa kualitas Pemilu bukan hanya dilihat dari hasilnya, namun persiapan dan proses untuk menghasilkan Pemilu yang berkualitas.

"Masyarakat kita, belum mengalami proses edukasi yang baik tentang politik uang, edukasi setiap saat penting dilaksanakan. Politil uang ini, hanya menciptakan kesengsaraan ditengah masyarakat, karena hanya dinikmati sesaat," ungkapnya.

Sementara itu, Bawaslu Bulukumba terus menggecarkan sosialisasi mulai dari tingkat bawah hingga Kabupaten. Bawaslu pada prinsipnya lebih mengedapankan pencegahaan daripada penindakan. (***)

  • Bagikan