SMPN 28 Bulukumba Lolos OPSI Nasional

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- SMPN 28 Bulukumba, berhasil lolos  Olimpade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) tingkat nasional. Sekolah ini akanmewakili Provinsi Sulawesi Selatan untuk tingkat SMP/MTs.

Pembina SMPN 28 Bulukumba, Ryan Dani Saputra menceritakan, untuk lolos ke tingkat nasional tidaklah mudah. Sebanyak 1.757 kelompok peserta dari seluruh Indonesia mengirimkan proposal penelitian. Namun hanya 1.540 yang behasil lolos tahap administrasi yang maju ke tahap penelitian. Kemudian 100 kelompok yang lolos ke tahap final di tingkat nasional.

Untuk perwakilan Sulsel sendiri, lanjut Ryan, ada empat tim yang akan mewakili tiga tim dari Bone dan satu dari Bulukumba yakni SMPN 28 Bulukumba.

"Untuk sekolah kami lolos di bidang ilmu Pengetahuan Sosial, Kemanusiaan dan Budaya dengan judul "Dinamika Sosial Masyarakat Ammatoa Desa Tanah Toa Kecamatan Kajang". InsyaAllah kompetisi di tingkat nasional atau final digelar tanggal 1 hingga 6 November mendatang secara daring," ungkapnya, Minggu 22 Oktober 2023.

Lebih lanjut Ryan menyampaikan, sebagai persiapan, saat ia tengah mempersiapkan poster dan presentasi. Kemudian lebih mendalami lagi hasil penelitian yang telah di buat untuk bahan wawancara.

Menurutnya, lolosnya kelompok peneliti SMPN 28 Bulukumba membuktikan bahwa minat peserta didik terhadap penelitian karya tulis ilmiah  masih ada. Bahkan mampu bersaing di kancah nasional khususnya di Kabupaten Bulukumba.

"Kami berharap kelompok peneliti kami diketuai oleh Nur Afni Arman dan anggota Nurul Aulia Hamran mampu membawa hasil maksimal.  Ke depannya semakin banyak peserta didik yang menyukai penelitian dan mampu mengharumkan nama Kabupaten Bulukumba," harapnya.(***)

Penulis: SumarniEditor: Suparman
  • Bagikan