PPK Ujungbulu Goes To School, Edukasi Pelajar SMA Negeri 1 Bulukumba

  • Bagikan

Bulukumba, Radarselatan.fajar.co.id -- Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Ujung Bulu, Kabupaten Bulukumba menggelar Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih (Sosdiklih) pada puluhan pelajar.

Gelaran Sosdiklih yang masuk dalam program Goes To School ini diadakan di SMA Negeri 1 Bulukumba, Senin 23 Oktober 2023, dengan melibatkan para siswa-siswi kelas 12 yang telah bersyarat menjadi pemilih dan masuk kategori pemilih pemula pada Pemilu Tahun 2024 mendatang.

Acara berlangsung dengan empat rangkaan kegiatan, diawali dengan mengisi koisioner kepada para peserta. Kemudian pemaparan materi tentang jangan golput, tahapan pemilu, syarat menjadi pemilih, jumlah dan warna surat suara, pencegahan politik uang.

Setelah itu, para peserta juga diajak untuk melakukan simulasi cek dpt online. Dan, terakhir para siswa-siswi diajak untuk mengukuti games edukatif berupa tanya jawab terkait materi-materi yang telah tersampaikan yang berkaitan dengan Pemilu Tahun 2024.

Anggota PPK Ujung Bulu bidang Sosdiklih, Parmas dan SDM, Kurnia. K menjelaskan program Goes To School ini merupakan kegiatan yang dinisiasi oleh KPU Bulukumba.

Materi yang dipaparkan juga menyesuaikan dengan kebutuhan pendidikan pemilu untuk para pelajar di sekolah-sekolah yang telah bersyarat menjadi pemilih.

Menurut Kurnia, Sosdiklih untuk pelajar sangat penting dioptimalkan, sebagai sarana bagi para pelajar untuk mendapatkan informasi awal tentang pentingnya keterlibatan mereka untuk menentukan pemimpin melalui penyelenggaraan Pemilu.

"Melalui Sosdiklih, para pelajar bisa mengetahui hal-hal penting yang boleh dan tidak boleh dilakukan demi lahirnya pemimpin yang berintegritas dan suksesnya Pemilu Tahun 2024," singkat Uni sapaannya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Bulukumba, Rusli Umar sangat mengapresiasi gelaran tersebut. Ia mengucapkan terima kasih kepada PPK Ujung Bulu atas kerja samanya memberikan sosialisasi kepada para pelajar kelas 12 yang telah bersyarat menjadi pemilih.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat karena para peserta didik kelas 12 pertama kalinya mengikuti pemilu. Tentu banyak hal penting yang belum mereka tahu. sehingga dengan adanya sosialsiasi ini tentunya peserta didik bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi pemilu tahun 2024 mendatang," jelasnya tersenyum.

Ia berharap melalui sosialisasi ini Pemilu Tahun 2024 mendatang bisa berlangsung aman, damai dan sukses. Dan, para peserta didik di SMA Negeri 1 Bulukumba bisa termotivasi dan benar-benar berpartisipasi aktif untuk memilih dan tidak golput pada Pemilu Tahun 2024 nanti.

"Suksesnya Pemilu Tahun 2024 tentu karena dukungan dari PPK yang massif melakukan sosialisasi. bukan hanya di sekolah-sekolah tapi seluruh masyarakat secara luas," tutupnya. (*)

  • Bagikan