Guru SMKN 5 Bulukumba Raih Beasiswa LPDP Microcredential

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Hasrawati, S.Pd., M.Pd, Guru Matematika SMKN 5 Bulukumba, berkesempatan melanjutkan pendidikan ke jenjang doktoral. Ia  berhasil menerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) microcredential daei Kemendikbudristek RI bekerja sama Harvard University.

Hasra sapaan akrabnya mengaku awalnya merasa insecure dengan kemampuan Bahasa Inggris yang sangat minim. Namun setelah lulus bersama 280 guru se Indonesia. Ia merasa lebih percaya diri untuk belajar mengikuti rangkaian kegiatan program tersebut.

"Untuk mengikuti program ini ada beberapa tahapan yang dilalui dan harus ada rekomendasi dari atasan, sertifikat TOEFL minimal 450, mengisi essay Berbahasa Inggria. Setelah dinyatakan lulus administrasi, selanjutnya akan melalui tahap wawancara speak english," ujarnya, Rabu 25 Oktober 2023.

Hasra menyampaikan tujuan utama program ini adalah meningkatkan digital skill bagi guru-guru di Indonesia. Program ini berlangsung selama enam bulan lamanya, dengan materi tentang komputer science, bahasa program C, SQL, Java script, HTML, dan array.

"Program ini berlangsung mulai Oktober 2023 hingga Maret 2024. InsyaAllah segala ilmu dan materi yang saya dapatkan dalam program ini selanjutnya akan saya bagi dan latihkan kepada guru guru lain, khususnya guru yang akan mengajar informatika dan juga akan saya latihkan kepada siswa saya di SMK Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)," tambahnya.

Hasra juga menuturkan, sementara ini, ia juga merupakan guru penggerak angkatan 5. Ia juga dinyatakan lulus uji kompetensi perpindahan jabatan fungsional guru ke jabatan fungsional pengawas tahap satu tahun 2023. 

"Saya berharap semoga saya bisa sampai finish, ini sulit dan butuh lebih besar energi dan waktu untuk belajar hal hal baru seperti coding bagi saya. Semoga saya mampu menyelesaikan setiap tugas, menyelesaikan proyek akhir, dan lulus tes akhir dan mendapat sertifikat dari Harvard University," tutupnya.

Sekedar diketahui, apabila semua tugas terkumpul dan kegiatan berjalan lancar, maka akan ada loka karya nanti di Jakarta. Tim pengajar dari Harvard yang akan datang ke Jakarta. (***)

Penulis: SumarniEditor: Suparman
  • Bagikan